Ilustrasi: Pekerja pabrik Toyota di Jepang.(www.japantimes.co.jp)
Ilustrasi: Pekerja pabrik Toyota di Jepang.(www.japantimes.co.jp) ( KOMPAS.COM)

Kegagalan Sistem, Semua Pabrik Toyota di Jepang Terpaksa Tutup Sementara

30 Agustus 2023 21:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Toyota Motor Corporation (TMC) mengalami masalah produksi belum lama ini. Belasan pabriknya di Jepang berhenti beroperasi karena kegagalan sistem.

Dikutip dari Asia.nikkei.com, Rabu (30/8/2023), kegagalan sistem menghalangi Toyota untuk memesan suku cadang. Akibatnya, ada 14 pabrik perakitan di Jepang yang terpaksa tutup sementara.

Kekurangan komponen adalah masalah besar bagi Toyota, yang merupakan pendukung utama metode pengadaan suku cadang tepat waktu, yang berarti cuma menyimpan stok komponen yang relatif kecil.

Sistem semacam itu bekerja dengan baik asalkan tidak ada penundaan dalam rantai pasokan. Tapi, ketika perusahaan membuat 200.000 unit mobil per minggu, tidak butuh waktu lama untuk menghentikan produksi, jika terjadi penundaan.

Namun, belum diketahui apa yang menyebabkan kegagalan sistem tersebut. Selain itu, belum diketahui juga seberapa besar dampak terhadap penutupan sementara belasan pabrik Toyota ini.

Disebutkan bahwa 14 pabrik Toyota yang mengalami masalah menyumbang sekitar sepertiga produksi global Toyota. Belasan pabrik tersebut tentunya tidak hanya memproduksi mobil Toyota, tapi juga Lexus, Daihatsu, dan Hino.

Pada Maret 2022, Toyota juga pernah mengalami masalah produksi karena serangan siber. Namun, untuk kejadian kali ini kabarnya kecil kemungkinan penyebabnya adalah serangan siber.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kegagalan Sistem, Semua Pabrik Toyota di Jepang Terpaksa Berhenti", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/30/124200615/kegagalan-sistem-semua-pabrik-toyota-di-jepang-terpaksa-berhenti.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm