Emisi yang keluar dari knalpot sepeda motor(shutterstock)
Emisi yang keluar dari knalpot sepeda motor(shutterstock) ( KOMPAS.COM)

Kenali Penyakit Pada Mesin Motor dari Warna Asap Knalpot

31 Agustus 2023 20:05 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi pemilik sepeda motor. khususnya 4 tak, mungkin kerap mengalami atau melihat adanya asap yang keluar dari lubang knalpot. Kondisi tersebut bisa menandakan adanya masalah pada mesin.

Tapi perlu diketahui, meski sama-sama menandakan adanya indikasi masalah, tapi warna asap hitam dan putih yang keluar dari knalpot ada bedanya.

"Kalau putih itu biasanya ada oli yang ikut terbakar. Sementara hitam terkait masalah sistem pembakaran yang tidak sempurna, bisa juga dari bahan bakar dan udara yang tak ideal," kata Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Honda Astra Motor Center, kepada KOMPAS.com, Rabu (30/8/2023).

Asap hitam yang keluar pada knalpot motor, lanjut Rendra, biasanya juga disebabkan oleh kotornya ruang bakar karena adanya pengendapan kerak.

Untuk mengatasi asap hitam, biasanya pemilik akan disarankan melakukan perawatan secara rutin atau berkala, dan seting ulang agar pembakaran kembali sempurna.

Sementara untuk asap putih, menurutnya jadi petunjuk adanya kebocoran yang membuat pelumas atau oli masuk ke ruang bakar.

Penyebabnya ada banyak faktor, tapi biasanya menyangkut masalah komponen yang sudah aus atau mengalami kerusakan.

"Bisa karena ring piston, silindernya yang baret, atau pistonnya. Paling ringan juga bisa karena sil klep yang bocor," ucapnya.

Agar lebih pasti, maka akan diperlukan pengecekan secara detail. Namun proses untuk motor yang mengeluarkan asap putih biasanya tak bisa sekadar seperti servis ringan.

Untuk melihat bagian mana yang mengalami keausan hingga menimbulkan kebocoran, minimal silinder head harus di buka.

Kerusakan komponen yang membuat motor mengeluarkan asap putih cenderung dikarenakan banyak sebab. Tapi paling sering akibat kurangnya perawatan rutin.

Contoh seperti oli mesin yang jarang diganti sehingga membuat kualitasnya menurun sehingga fungsinya untuk melindungi komponen mesin dari gesekan tak lagi optimal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenali Penyakit Mesin Motor dari Warna Asap Knalpot", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/08/31/093100615/kenali-penyakit-mesin-motor-dari-warna-asap-knalpot.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm