Ilustrasi anak bermain lego.
Ilustrasi anak bermain lego. ( FREEPIK/FWSTUDIO)

Ini Faktor Stunting dari Lingkungan, Mulai Sekarang Harus Waspada!

2 September 2023 11:30 WIB

SonoraBangka.id - Apakah kamu sudah tahu kalau faktor stunting bisa juga terjadi dari lingkungan? Lingkungan yang buruk bisa menyebabkan anak stunting.

Untuk selengkapnya, simak di sini.

Stunting merupakan kondisi di mana pertumbuhan fisik dan perkembangan anak terhambat, sehingga anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dari standar usianya.

Stunting dapat memiliki dampak jangka panjang terhadap kesehatan dan perkembangan anak, baik fisik maupun mental.

Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap stunting sangat kompleks, dan lingkungan berperan penting dalam membentuk kondisi ini.

Berikut adalah beberapa faktor lingkungan yang dapat berkontribusi terhadap stunting pada anak:

Faktor Stunting dari Lingkungan

1. Gizi Buruk dan Kurangnya Nutrisi

Kekurangan asupan gizi yang penting, seperti protein, zat besi, vitamin, dan mineral, dapat menyebabkan pertumbuhan anak terhambat.

Jika anak tidak mendapatkan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan yang optimal, risiko stunting akan meningkat.

2. Gizi Buruk pada Ibu Hamil

Kesehatan ibu selama masa kehamilan memiliki dampak besar terhadap pertumbuhan janin.

Jika ibu hamil tidak mendapatkan nutrisi yang cukup, janin mungkin tidak akan tumbuh dengan baik dalam kandungan, yang dapat berkontribusi terhadap stunting pada anak kelak.

Sumbernakita.grid.id
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm