Ilustrasi mangkuk buah semangka
Ilustrasi mangkuk buah semangka ( PIXABAY/MELISSALEIGHSTANLEY)

Berikut Ini Cara Membuat Mangkuk Sop Buah dari Semangka

2 September 2023 16:13 WIB

SonoraBangka.id - Menyiapkan hidangan penutup seperti sop buah saat arisan atau hajatan bisa menjadi ide untuk dicoba. Semakin menarik apabila dibuat dengan kreasi mangkuk sop buah, menggunakan buah semangka. Cara membuat mangkuk semangka cukup mudah dengan alat pisau ukir dan tusuk gigi saja. Simak cara membuat mangkuk sop buah dari semangka, dikutip dari majalah "Saji / ED 286 2013" (2013) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Membuat kaki semangka

Potong bagian bawang semangka supaya dapat berdiri, ukur delapan sentimeter dari tangkai semangka, potong dan ukir tepinya.

2. Membuat mangkuk

Buatlah lima buah gambar rangkaian daun pada tepi buah semangka menggunakan pisau. Buat garis melingkar di sekeliling buah semangka selebar ukuran meteran kain sekitar satu sampai 1,5 sentimeter.

3. Ukir daun

Ukir gambar daun di atasnya dan garis melingkar.

4. Membuat lingkaran kecil

Buat lingkaran kecil di tengah tiap daun sebanyak tiga buah dari masing-masing rangkaian daun dan menggunakan pisau ukir. Bentuk setengah tabung dengan cara ditusuk sambil diputar sampai daging semangka ke luar. Lakukan sisanya.

5. Kupas kulit semangka 

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm