Ilustrasi sayur lodeh tempe.
Ilustrasi sayur lodeh tempe. ( SHUTTERSTOCK/Andi WG)

Berikut Ini 3 Cara Masak Sayur agar Gizinya Maksimal

2 September 2023 16:30 WIB

SonoraBangka.id -  Memasak sayur terlalu matang akan membuat teksturnya sangat lembek. Selain itu, gizinya menjadi tidak maksimal. Perhatikan cara memasak sayur yang benar. Mulai dari cara memotong hingga jumlah air yang digunakan. Pakar teknologi pangan, Made Astawan, menjelaskan tiga cara memasak sayur yang tepat agar gizinya maksimal berikut ini. Baca juga: Resep Sayur Asem Jakarta, Sajikan dengan Sambal Resep Sayur Labu Siam Kuah Santan, Makanan Simpel untuk Menu Harian  Resep Urap Sayur ala Rumahan, Tambah Daun Jeruk agar Harum 

1. Cuci sayur lebih dulu, baru dipotong

Jangan salah menyiapkan sayur sehingga gizinya tidak lagi maksimal. Menurut Made, sayur harus dicuci dulu, baru dipotong. Mencuci sayur bertujuan menghilangkan kotoran yang ada di bagian terluarnya. "Kita kan kebalik biasanya ya, potong-potong dulu baru dicuci, itu melarutkan banyak vitamin dan mineral," kata Made saat ditemui media usai konferensi pers BlueBand, Kamis (24/8/2023), berikut ini.

2. Pakai air secukupnya untuk memasak sayur 

Metode rebus sering digunakan untuk memasak sayur. Bila ingin merebusnya, perhatikan junmlah air yang dipakai. Menurut Made, sayur sebaiknya tidak dimasak dengan air dengan jumlah berlebihan karena belum tentu semua kuahnya habis diminum. Padahal, vitamin dan mineral larut air sebagian besar akan terdapat dalam kuah sayur.

3. Potong sayur dengan ukuran besar

Hindari memotong sayur dengan ukuran terlalu kecil, khususnya saat memasak untuk orang dewasa. "Makin kecil potongan, permukaannya lebih luas dan lebih mudah hilang zat gizinya," kata Made.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Sayur agar Gizinya Maksimal, Jangan Potong Terlalu Kecil", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/08/31/130800475/3-cara-masak-sayur-agar-gizinya-maksimal-jangan-potong-terlalu-kecil.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm