PLN bersama BUMN lainnya Gelar Workshop Digital Marketing dan Public Speaking
PLN bersama BUMN lainnya Gelar Workshop Digital Marketing dan Public Speaking ( Humas PLN Babel)

Tingkatkan Kemampuan UMKM di Pulau Belitung, PLN bersama BUMN lainnya Gelar Workshop Digital Marketing dan Public Speaking

3 September 2023 12:37 WIB

SONORABANGKA.ID - PLN bersama PT Timah, Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia gelar workshop digital marketing dan public speaking kepada UMKM mitra binaan BUMN kabupaten Belitung dan Belitung Timur di Rumah BUMN Belitung Tanjung Pendam.

Kegiatan ini bertujuan untuk untuk memberikan pembekalan kepada UMKM dalam menghadapi persaingan global, sehingga siap dan bisa bersaing di dunia E-commerce / perdagangan elektronik untuk memasarkan produknya.

Manajer Aset Properti dan Umum PLN Babel, Zulkarnain mengatakan kegiatan bersama BUMN ini sangat dibutuhkan para pelaku UMKM ditengah gaya hidup masyarakat saat ini yang serba digital.

"Masyarakat saat ini dalam kegiatan sehari-harinya tidak lepas dari smartphone mereka, hal ini bisa menjadi peluang para pelaku UMKM setiap saat bisa memasarkan produknya melalui media sosial maupun market place", ungkap Zulkarnain.

Workhsop ini dihadiri 48 peserta pelaku UMKM dari pulau Belitung yang sangat antusias. Narasumber yang didatangkan juga merupakan narasumber yang sangat berpengalaman dibidang digital marketing dan public speaking yang sudah berlisensi BNSP.

Hadir juga Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie, S.Sn, M.si dalam pembukaan workhsop ini beliau menyampaikan bahwa untuk memasarkan produk perlu terus berinovasi agar tidak tertinggal.

"Saat ini digital marketing sudah jauh berkembang, pelaku usaha jika tidak ingin gulung tikar harus terus berinovasi, baik itu kualitas produk, tampilan produk dan cara memasarkannya dan jangan cepat berpuas diri terhadap hasil yang didapati sekarang", kata Isyak dalam sambutannya.

"tekunilah dengan baik digital marketing ini. karena ini sangat membantu, banyak diluar sana orang-orang sukses dengan berjualan live menggunakan media sosial. kunci digital marketing ada 4 "K" yang ingin saya bagikan pertama Konsep, Kemasan, Konteks dan Komunikasi yang baik", tambah isyak kepada peserta workshop.

General Manager PLN Babel, Mohammad Munief Budiman menyampaikan para pelaku UMKM perlu kita perhatikan, karena berkembangnya UMKM ini tentu akan seiring dengan tingkat kemampuan ekonomi masyarakat.

"Kemampuan daya saing dan strategi mengembangkan usaha para pelaku UMKM harus terus kita tingkatkan melalui pelatihan dan pendampingan. karena dengan majunya UMKM ini menjadi sinyal bahwa daerah tersebut akan maju dengan meningkatnya ekonomi masyarakat" sebut Munief.

Selain itu beliau juga memberikan apresiasi kepada BUMN yang terlibat dalam menyelenggarakan workshop ini.

"Acara ini terealisasi atas kolabirasi yang dilakukan PLN, PT Timah, Angkasa Pura II dan Garuda Indonesia yang perlu kita apresiasikan setinggi-tingginya karena sudah membantu pengembangan UMKM. Harapannya semoga kedepan UMKM terus maju dan berkembang dalam membangun daerah bahkan bangsa kita", tutup Munief.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm