Ilustrasi kendaraan listrik, mobil listrik. (SHUTTERSTOCK/GUTEKSK7)
Ilustrasi kendaraan listrik, mobil listrik. (SHUTTERSTOCK/GUTEKSK7) ( KOMPAS.COM)

Potensi Untuk Pengembangan Kendaraan Listrik di ASEAN Capai Rp 41,15 Triliun

3 September 2023 18:34 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Menteri Kooridnator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartarto menyatakan potensi pengembangan kendaraan listrik di kawasan ASEAN sebesar 2,7 miliar dollar AS atau setara Rp 41,15 triliun (kurs Rp 15.242) pada 2027 mendatang.

Hal tersebut sejalan dengan tingkat populasi dan pertumbuhan ekonomi di kawasan, serta ketersediaan bahan baku yang melimpah.

Contoh saja Indonesia, yang mempunyai 23 persen dari cadangan nikel dunia di mana bahan tersebut jadi komponen untuk baterai kendaraan listrik.

"Kendaraan listrik memiliki peran penting terhadap pengurangan emisi, dekarbonisasi pada sektor industri, penguatan ekonomi, serta diversifikasi energi," kata dia dalam diskusi ASEAN Climate Forum yang disiarkan secara virtual, Sabtu (2/9/2023).

Dengan potensi melimpah itu, negara-negara ASEAN menyepakati untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dan menjadi bagian penting dalam rantai pasok dunia. Sehingga kawasan ASEAN tidak bisa lagi dianggap remeh.

“Presiden Jokowi juga sangat optimistis terhadap ASEAN dan pengembangan EV di kancah global. ASEAN memiliki potensi besar untuk pengembangan setiap kendaraan dengan pasar sebesar 2,7 miliar USD pada tahun 2027,” kata Airlangga.

“KTT ASEAN ke-42 di Labuan Bajo juga berhasil membuat perjanjian kerja sama dengan negara-negara di kawasan ASEAN dan menerbitkan dokumen deklarasi tentang pengembangan ekosistem EV regional,” lanjut dia.

Airlangga menuturkan, kerja sama dan kolaborasi dalam ekosistem kendaraan listrik mencakup peningkatan infrastruktur dan tantangan dalam menciptakan iklim bisnis dan investasi yang kondusif.

Investasi swasta melibatkan produksi dengan memakai sumber daya berkelanjutan untuk mencapai nilai tambah dari rantai pasok kendaraan listrik.

Dalam kesempatan sama ia menyinggung bahwa saat ini Indonesia sedang mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dari hulu hingga hilir yang nantinya menghasilkan sebanyak 500.000 unit mobil listrik dan 2,45 juta motor listrik pada 2030.

Target tersebut harus dicapai untuk mengurangi emisi karbon 3,8 juta ton dan menuju Zero Carbon Emission (NZE) di 2060 mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Potensi Pengembangan Kendaraan Listrik di ASEAN Capai Rp 41,15 Triliun", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/03/094100715/potensi-pengembangan-kendaraan-listrik-di-asean-capai-rp-41-15-triliun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm