Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Bangka Belitung melakukan apel Operasi Zebra Menumbing 2023, pada Senin (4/9/2023) pagi. Apel dipimpin langsung Kapolda Babel, Irjen Pol Yan Sultra yang menandai dimulainya Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Operasi Zebra Menumbing 2023
Jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Bangka Belitung melakukan apel Operasi Zebra Menumbing 2023, pada Senin (4/9/2023) pagi. Apel dipimpin langsung Kapolda Babel, Irjen Pol Yan Sultra yang menandai dimulainya Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Operasi Zebra Menumbing 2023 ( Bangkapos.com/Riki Pratama )

Hari Pertama Operasi Zebra Menumbing, 50 Pengendara Terjaring Razia Satlantas Polresta Pangkalpinang

4 September 2023 19:06 WIB

SonoraBangka.id - Operasi zebra menumbing 2023 Sat Lantas Polresta Pangkalpinang, di hari pertama Senin (4/9/2023 ) berhasil menjaring 50 pengendara yang melanggar aturan lalu lintas. 

Dari 50 pengendara yang terjaring mayoritas pengendara roda dua, dengan jenis pelanggaran terbanyak yakni pengendara yang tidak menggunakan helm sebanyak 20 pelanggar.

Selain itu untuk pengendara roda dua yang tidak dilengkapi surat berkendara sebanyak 13 pengendara, sedangkan untuk pelanggaran rambu lalu lintas sebanyak 12 pengendara. 

"Di hari pertama untuk anggota total 50 pelanggar, kalau untuk mayoritas pelanggaran ini banyak ditemukan berkendara tidak menggunakan helm," ujar Kanit Gakkum Sat Lantas Polresta Pangkalpinang, Ipda Deden Mahendra saat dikonfirmasi Bangkapos.com.

Terkait kendaraan roda empat dihari pertama operasi Zebra Menumbing 2023, anggota Sat Lantas Polresta Pangkalpinang hanya mendapatkan lima pelanggaran

"Untuk roda empat sejauh ini ada lima pelanggar, semuanya juga dikarenakan para pengendara ini melanggar rambu lalu lintas," jelasnya. 

Diketahui sebelumnya operasi zebra menumbing, digelar selama 14 hari yakni sejak Senin (4/9/2023) hingga Minggu (17/9/2023) nanti. 

Total terdapat 10 sasaran dalam operasi Zebra Menumbing 2023 diantaranya pengemudi menggunakan handphone, melawan arus, berboncengan lebih dari satu orang, pengemudi dibawah umur, pengemudi dan penumpang dibawah narkoba dan alkohol, melebihi batas kecepatan, tidak menggunakan helm, sabuk pengaman, kelengkapan kendaraan dan knalpot brong. 

Lebih lanjut perwira balok satu ini memastikan, personel Sat Lantas Polresta Pangkalpinang akan mengedepankan sikap humanis kepada masyarakat.  

"Dalam operasi ini anggota akan lebih mengutamakan pola preemtif, kemudian preventif, persuasif dan humanis. Tentunya ada juga penegakan hukum, terhadap pelanggar lalu lintas," tegasnya. 

Sementara itu pihaknya berharap masyarakat, dapat tertib dan mematuhi aturan lalu lintas. 

"Kepada masyarakat setiap akan berkendara cek kelengkapan termasuk kondisi motor, jangan memaksakan berkendara kalau tidak lengkap. Sayangi keluarga yang menunggu di rumah, jangan sampai kejadian yang tidak diinginkan terjadi," ungkapnya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Hari Pertama Operasi Zebra Menumbing, 50 Pengendara Terjaring Razia Satlantas Polresta Pangkalpinang, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/04/hari-pertama-operasi-zebra-menumbing-50-pengendara-terjaring-raziasat-lantas-polresta-pangkalpinang.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm