Saat mobil diparkir, biasanya ditemui kebocoran di bagian bawah. Apa penyebabnya?(Dok. Humas Prokompim Blora)
Saat mobil diparkir, biasanya ditemui kebocoran di bagian bawah. Apa penyebabnya?(Dok. Humas Prokompim Blora) ( KOMPAS.COM)

Sering Melakukan Parkir di Tanjakan, Apakah Berpengaruh pada Rem Mobil?

5 September 2023 18:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Krisis lahan parkir membuat mobil bisa parkir di berbagai tempat baik di tanjakan atau turunan. Timbul anggapan bahwa sering parkir di tanjakan membuat kinerja rem terganggu.

Suparna, Kepala Bengkel Auto2000 Cabang Cilandak, Jakarta Selatan, mengatakan, sebetulnya yang berpengaruh ialah sistem kerja hand brake alias rem tangan dan bukan kinerja rem secara langsung.

"Sebetulnya pengaruh parkir mobil di tanjakan bukan di rem tapi di sistem hand brake," ujar Suparna kepada Kompas.com, Senin (4/9/2023).

"Rem tangan modelnya macam-macam, ada yang pakai model yang rem di propeler dan ada juga yang di kanvas rem, jadi itu yang berpengaruh bukan ke remnya," ujar Suparna.

Meski demikian kata Suparna pada dasarnya rem tangan tidak akan bermasalah meski sering parkir di tanjakan. Walau dalam waktu lama bisa saja ditemukan sesuatu yang janggal di kemudian hari, walau mungkin jarang.

Suparna mengatakan, bila rem tangan menggunakan sistem penguncian di propeler lebih aman tapi apabila pengunciannya di kanvas rem terutama buat model rem teromol bisa saja bermasalah.

"Sebab rem itu biasanya saat ini secara umum pakai hidrolis (cakram) tetapi kalau misalkan pakai sistemnya pakai kanvas rem ada pengaruh, tapi pengaruhnya tidak terlalu signifikan," katannya.

"Ternyata yang dipakai brake shoe. Brake shoe ditekan setelah ditekan dia mengembang dan mengunci. Saat dia ditarik hand brake dia akan kerja. Efek saat diparkir tanjakan itu dia akan menekan ke bawah jadi beban," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sering Parkir di Tanjakan, Apakah Berpengaruh pada Rem Mobil?", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/05/082200915/sering-parkir-di-tanjakan-apakah-berpengaruh-pada-rem-mobil-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm