Presiden Joko Widodo membuka sesi pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center, Selasa (5/9/2023).(YouTube.com/Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo membuka sesi pleno Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center, Selasa (5/9/2023).(YouTube.com/Sekretariat Presiden) ( KOMPAS.COM)

Jokowi: Kendaraan Listrik Jadi Tonggak Utama Untuk Pertumbuhan Ekonomi ASEAN

5 September 2023 21:35 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa hilirisasi industri dan pembangunan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) merupakan salah satu tonggak utama dalam pertumbuhan ekonomi masa depan di ASEAN.

Hal tersebut sejalan dengan potensi yang dimiliki kawasan baik dalam sisi pasar, bahan baku, sampai produksi. Sehingga tidak menutup kemungkinan, di masa mendatang ASEAN bakal jadi pemain global.

Hanya saja, ASEAN membutuhkan sedikitnya 29,4 triliun dollar AS atau sekitar Rp 448 triliun (kurs 1 dollar Rp 15.266) untuk melakukan transisi energi. Maka, mutlak dibutuhkan kerja sama untuk mencapai tujuan bersama yang sangat besar.

"Ekonomi ASEAN akan tumbuh lebih kokoh melalui hilirisasi industri dan pembangunan ekosistem EV, adalah contoh kongket membangun rantai pasok kawasan," kata Jokowi dalam pembukaan ASEAN Indo-Pacific Forum (AIPF) di KTT ASEAN ke-43, Selasa (5/9/2023).

Rantai pasok kawasan dan infrastruktur hijau ini, kemudian disebut bakal menjadi salah satu topik yang dibincangkan secara serius dalam forum kenegaraan AIPF.

"Yang kedua, pembiayaan yang berkelanjutan dan inovatif. ASEAN membutuhkan 29,4 triliun dollar AS untuk transisi energi dan dibutuhkan skema pembiayaan inovatif melalui kemitraan yang sustainable," tambahnya.

Terakhir, Jokowi menuturkan bahwa AIPF juga memfokuskan pada transformasi digital dan ekonomi kreatif dan profitable guna mendukung UMKM.

"Saya mengapresiasi dukungan dan kontribusi negara ASEAN dan mitra ASEAN, sehingga telah terkumpul 93 proyek kerja sama senilai 38,2 miliar dollar AS," ucap Jokowi.

Buah hasil dari KTT ASEAN dalam bentuk proyek kerja sama itu juga masih bisa meningkat. Sebab menurut Jokowi ada 73 proyek potensial yang nilainya mencapai 17,8 miliar dollar AS.

Menurut Jokowi hal itu membuktikan bahwa KTT ASEAN tidak hanya menjadi pertemuan tingkat tinggi yang tidak membuahkan hasil. Namun, antara negara anggota dan negara mitra bisa berjalan bersama dalam proyek untuk kepentingan bersama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jokowi: Kendaraan Listrik Jadi Tonggak Utama Pertumbuhan Ekonomi ASEAN", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/05/185446815/jokowi-kendaraan-listrik-jadi-tonggak-utama-pertumbuhan-ekonomi-asean.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm