12 unit mobil yang terbakar di lapangan parkir Kantor DPR Papua, Jayapura, Papua, Rabu (23/8/2023)(Dok Humas Polresta Jayapura Kota)
12 unit mobil yang terbakar di lapangan parkir Kantor DPR Papua, Jayapura, Papua, Rabu (23/8/2023)(Dok Humas Polresta Jayapura Kota) ( kompas.com)

Korsleting Jadi Penyebab Utama Pada Kebakaran Kendaraan

5 September 2023 21:57 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kasus mobil atau kendaraan yang terbakar menjadi salah satu fenomena yang kerap terjadi mewarnai dunia otomotif. Pada saat situasi tersebut terjadi peran dari petugas pemadam kebakaran (Damkar) sangat dibutuhkan untuk memadamkan api pada kendaraan. 

Eko Nugroho, salah satu regu Damkar Pasar Minggu, Jakarta Selatan mengatakan, pada kasus kebakaran mobil biasanya dipicu oleh korsleting kelistrikan.

"Biasanya ada sistem kelistrikan yang korslet. Kemudian dari korsleting tersebut menimbulkan percikan api yang memicu sumber kebakaran pada kendaran. Bila percikan api mengenai objek yang mudah terbakar, api akan menjadi semakin besar," kata Eko kepada Kompas.com, Selasa (5/9/2023). 

Biasanya, jika sudah menyebar ke mana-mana akan membuat api di mobil sulit dipadamkan dalam waktu yang sebentar.

Sehingga pada saat mobil di evakuasi harus tetap disemprot oleh air sampai asap benar-benar hilang. 

"Misalnya pada saat mau buka kap mesin, itu kan masih mengeluarkan asap, jadinya saat kita congkel harus tetap sambil di semprot oleh air. Hal ini berkaitan dari sisi keselamatan, " kata Eko.

Menurut Eko, faktor korsleting listrik bisa menjadi sumber kebakaran kendaraan jenis apapun. Sehingga sepeda motor atau bus juga bisa alami hal yang sama. 

"Hal yang paling utama kita lakukan penyemprotan air pada sumber api terlebih dahulu dan juga objek yang bisa jadi sumber kebakaran. Misalnya, seperti tangki bensin," kata Eko.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Korsleting Jadi Penyebab Utama Kebakaran Kendaraan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/05/194100115/korsleting-jadi-penyebab-utama-kebakaran-kendaraan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm