Ilustrasi hipertensi
Ilustrasi hipertensi ( Shutterstock)

Selama Tahun 2023, Hipertensi dan ISPA Masuk dalam 10 Penyakit Paling Banyak Terjadi di Pangkalpinang

6 September 2023 20:39 WIB

SonoraBangka.id - Diketahui, dari hasil pelayanan rumah sakit hingga Puskesmas di Kota Pangkalpinang, ada 10 diagnosa penyakit terbanyak selama tahun 2023.

Posisi teratas masih ditempati Hipertensi dan disusul nasofaringitis akut.

Demikian hal tersebut berdasarkan data 10 penyakit terbanyak Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang hingga Agustus 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang dr. Masagus Hakim menyebut, Hipertensi sebanyak 1.032 kasus, nasofaringitis akut sebanyak 751 kasus.

Selain Hipertensi dan Nasofaringitis Akut, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) juga paling sering yakni sebanyak 484 kasus.

Kemudian, diabetes mellitus sebanyak 584 kasus, tukak lambung sebanyak 450 kasus, penyakit Pulpa sebanyak 320 kasus, Myalgia sebanyan 252 kasus, demam yang tidak diketahui penyebabnya 206 kasus, diare sebanyak 168 kasus, dan sakit kepala 150 kasus.

"10 penyakit terbanyak ini hampir setiap tahun sakit ini yang paling banyak, sepeti Hipertensi, diabetes mellitus memang cukup sering terjadi," sebut Hakim kepada Bangkapos.com, Rabu (6/9/2023).

Menurutnya, pola hidup yang kurang sehat menyebabkan penyakit-penyakit ini kerap terjadi di masyarakat.

Seperti terlalu banyak konsumsi gula, garam, dan kurang berolahrga. 

"Makanya konsumsi makanan yang sehat itu penting sekali, menjaga pola hidup sehat untuk kita sendiri seperti mulai berolahrga. Tidak konsumsi gula berlebihan, sayuran hingga buah-buahan itu penting," jelasnya.

Diakui Hakim, Penyuluhan dan Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi (Penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, penyakit paru obstruktif akut dan kanker) sudah sering dilakukan.

Hakim juga mengatakan bahwa, monitoring faktor resiko bersama PTM secara rutin dan periodik.

Memang, rutin berarti Kebiasaan memeriksa kondisi kesehatan meski tidak dalam kondisi sakit. Periodik artinya pemeriksaan kesehatan dilakukan secara berkala.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Hipertensi dan ISPA Masuk dalam 10 Penyakit Paling Banyak Terjadi di Pangkalpinang Selama Tahun 2023, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/06/hipertensi-dan-ispa-masuk-dalam-10-penyakit-paling-banyak-terjadi-di-pangkalpinang-selama-tahun-2023.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm