Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Pertamax Green 95 mulai tersedia di beberapa SPBU Pertamina(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Isi BBM dengan Oktan Lebih Tinggi Bisa Untuk Bersihkan Ruang Bakar?

6 September 2023 21:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seiring dengan usia pemakaian kendaraan, ruang bakar juga tidak luput dari tumpukan kerak karbon. Kerak karbon yang menumpuk akan membuat performa mesin menjadi turun dan tidak optimal lagi.

Sehubungan dengan hal itu, tak sedikit pemilik kendaraan yang percaya bahwa mengganti bahan bakar minyak (BBM), dengan oktan tinggi bisa membersihkan dan melunturkan kerak pada ruang bakar.

Ini biasanya dilakukan pada jangka waktu tertentu. Misalnya, mobil yang biasa menggunakan BBM Pertalite sehari-hari, tapi satu waktu pemilik kendaraan sengaja mengganti dengan Pertamax hanya untuk sekadar membersihkan.

Selanjutnya, pemilik kendaraan akan kembali menggunakan Pertalite usai melakukan penggantian sementara itu.

Lantas, apakah hal ini memang benar untuk dilakukan atau hanya sekadar mitos belaka?

Widodo, pemilik bengkel AD Oya yang berlokasi di Jalan Sulaiman, Kebon Jeruk, Jakarta Barat mengatakan, mengganti BBM dengan oktan yang lebih tinggi memang bisa membersihkan ruang bakar.

“Benar, naik oktan memang bisa membersihkan ruang bakar. Ibarat seperti manusia minum vitamin. Tapi perlu diingat vitamin tidak bisa menyembuhkan jika sudah terlanjur sakit, hanya mendongkrak sementara saja,” ucap Widodo, kepada Kompas.com, Selasa (5/8/2023).

Menurut Dodo, mobil yang menggunakan bahan bakar Pertamax tentu akan berpengaruh pada performa kendaraan karena pembakaran lebih sempurna.

Tapi, mobil yang menggunakan BBM Pertalite dalam jangka waktu yang lama tentu sudah timbul berbagai persoalan. Sehingga mengganti BBM dengan oktan yang lebih tinggi seperti Pertamax tidak serta merta membuat performa mesin kembali seperti sedia kala.

“Ketika mobil sudah ada masalah seperti check engine menyala, gejala knocking, karena keraknya sudah banyak, pakai Pertamax juga tidak akan hilang. Harus diselesaikan terlebih dahulu masalahnya,” kata Dodo.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm