Selain manfaat, ketumbar juga memiliki efek samping dan bahaya yang patut diwaspadai.
Selain manfaat, ketumbar juga memiliki efek samping dan bahaya yang patut diwaspadai. ( Pixabay/PDPics)

Bisa Redakan Flu dan Batuk, Berikut 7 Manfaat Ketumbar untuk Kesehatan

7 September 2023 07:08 WIB

SonoraBangka.id -  Air rebusan ketumbar sering dijadikan minuman untuk menurunkan risiko penyakit tertentu. Sementara itu, biji ketumbar umum digunakan sebagai bumbu aneka masakan untuk menambah rasa gurih.

Ketumbar memiliki manfaat kesehatan bila dikonsumsi dengan takaran yang tepat, seperti ditulis dalam buku "Seri Apotek Dapur: Manfaat Ajaib Ketumbar Dan Merica Si Kecil Berkhasiat Besar" (2021) oleh Ramadhani Ray terbitan Andi Offset. Kamu bisa menggunakan daun dan biji ketumbar untuk mendapatkan manfaat kesehatan berikut ini.

1. Meredakan flu dan batuk

Biji ketumbar dapat meredakan flu dan batuk dengan merebusnya bersama bumbu dan aneka rempah. Khasiat ketumbar untuk meredakan rasa gatal yang mengganggu tenggorokan saat batuk bisa reda bila mengonsumsi air rebusannya dengan rutin.

2. Meredakan masalah pencernaan 

Bagian daun ketumbar memiliki kandungan minyak esensial dan aroma yang dapat mengatasi masalah pencernaan. Kandungan tersebut bekerja dengan menyekresi enzim dan pencernaan dalam perut, lalu merangsang dan meningkatkan gerakan peristlatik di saluran pencernaan. Kandungan borneol, linalool, cineol, limoene, alpha-pinene, dan, beta-phelandrene juga memengaruhi fungsi ketumbar dalam proses pencernaan ini.

3. Melancarkan kesulitan buang angin

Kesulitan buang angin dapat mengganggu kesehatan pencernaan dan membuat tubuh menjadi tidak nyaman.  Ketumbar dapat mengatasi kesulitan buang angin dengan kandungan vitamin K dan minyak atsiri yang memiliki karakter hangat. Sifat hangat dapat mengatasi perut mulas dan susah buang angin.

4. Mengatasi perut kembung

Perut kembung ditandai dengan perut yang terasa penuh dan mual, padahal belum menerima asupan makanan. Menurut buku yang sama, studi menunjukkan bahwa satu sendok teh ketumbar segar dapat menenangkan saluran cerna dan mengatasi perut kembur dalam 24 jam.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm