Sub Kordinator Budaya dan Kesenian Tradisional Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudpora) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Pupung P Damayanti
Sub Kordinator Budaya dan Kesenian Tradisional Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudpora) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Pupung P Damayanti ( Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Disparbudpora Fokuskan 10 Objek Pemajuan Kebudayaan di Bangka Belitung di Tahun 2023 Ini

8 September 2023 08:51 WIB

SonoraBangka.id - Dalam Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Objek Pemajuan Kebudayaan adalah unsur Kebudayaan yang menjadi sasaran utama Pemajuan Kebudayaan.

Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudpora) Provinsi Bangka Belitung (Babel) pada tahun 2023 akan fokus mendorong 10 Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) di Bangka Belitung

Obyek pemajuan kebudayaan meliputi 10 obyek, yaitu Tradisi lisan, Manuskrip, Adat istiadat, Ritus,  Pengetahuan tradisional, Teknologi tradisional, Seni, Bahasa, Permainan rakyat dan Olahraga tradisional.

"Kita tahun ini fokus ke OPK, ada 10 objek, jadi kita fokus itu karena itu turunan dari UU Pemajuan kebudayaan yang harus diimplementasikan," ujar Sub Kordinator Budaya dan Kesenian Tradisional Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudpora) Provinsi Bangka Belitung (Babel), Pupung P Damayanti, Kamis (7/9/2023).

Dia menjelaskan untuk mendorong itu, maka harus dilakukan penyusunan pokok pikiran kebudayaan daerah (PPKD).

"Kita menghimpun data dari kabupaten kota, dihimpun lewat pokok pikiran kebudayaan daerah, ada 10 OPK, di Bangka misalnya apakah sudah ada semua, kalau gak ada, apa dan kenapa? Bangka mau fokusnya dimana," katanya.

Namun dirinya tak menampik anggaran menjadi penghalang dalam penyusunan PPKD, sehingga ini harus menjadi perhatian.

"Tahun ini juga dari pusat memang harus ada penyusunan PPKD, karena anggaran ada kabupaten yang tak bisa menyusun itu, Belitung tidak ada anggaran," katanya.

Pupung menambahkan tahun ini akan ada penyusunan data lebih ke arah pemutakhiran, serta sosialiasi agar masyarakat lebih kenal dengan objek pemajuan kebudayaan yang ada di Bangka Belitung. 

"Setelah kita turun pemantauan dan evaluasi beberapa bulan lalu masih di bawah standar, karena tak didukung anggaran, InsyaAllah tahun ini ada pemutakhiran data, ada beberapa OPK tak dilakukan maka akan digiatkan lagi," katanya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Tahun 2023, Disparbudpora Fokuskan 10 Objek Pemajuan Kebudayaan di Bangka Belitung, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/07/tahun-2023-disparbudpora-fokuskan-10-objek-pemajuan-kebudayaan-di-bangka-belitung.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm