Ilustrasi mengemudi saat hujan, menggunakan Honda Brio RS facelift(Kompas.com/Donny)
Ilustrasi mengemudi saat hujan, menggunakan Honda Brio RS facelift(Kompas.com/Donny) ( KOMPAS.COM)

Peran dari Pengemudi dalam Merasakan Kondisi Kesehatan Mobil

9 September 2023 21:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemilik mobil memang perlu waspada terkait gejala-gejala kerusakan pada mesin. Orang pertama yang seharusnya mendeteksi adanya kerusakan mesin adalah pengemudi atau pemilik, bukan pihak bengkel.

Pengemudi bisa menjadi juru selamat ketika berkendara baik dari sisi operasional atau teknis. Termasuk mampu memahami kondisi mesin selama berkendara, misal terjadi kenaikan suhu tidak wajar atau tidak.

Hardi Wibowo, Pemilik Aha Motor Yogyakarta, mengatakan, bila pengemudi bisa merasakan setiap masalah yang terjadi pada mobil, maka penanganan akan bisa dilakukan lebih dini.

“Penanganan lebih dini ini tentu bisa meminimalisir kerusakan komponen bila terjadi masalah pada mobil, ujung-ujungnya bisa menekan biaya perbaikan,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Kamis (7/9/2023).

Hardi mengatakan, bila pengemudi bisa merasakan terjadinya penurunan performa pada mobil, maka itu bisa menjadi modal yang cukup untuk merawat mobil lebih baik.

Berbeda dengan pengemudi yang tidak bisa membedakan performa mobil sehat dan tidak. Maka, walau mobil sudah dalam kondisi rusak biasanya tidak akan segera ditangani akibatnya kerusakan semakin parah bahkan dapat membahayakan penumpang.

“Misal suspensi mobil bunyi saat melewati jalan tidak rata, beberapa orang sudah cukup baik dengan mengeluhkan hal tersebut ke pihak bengkel, sehingga kerusakan akan segera terdeteksi,” ucap Hardi.

Jika tidak, maka kerusakan pada suspensi akan dianggap wajar oleh pengemudi sehingga perlahan membuat kerusakan semakin parah.

“Misal dirasakan bunyi ketukan di bagian kemudi, jika dibiarkan maka bunyi tersebut bisa mengakibatkan masalah lain seperti kemudi tidak stabil, dan sejenisnya karena hasil dari mengabaikan permasalahan kecil,” ucap Hardi.

Situasi sama juga berlaku pada jenis masalah lain pada mobil, sehingga menjadi kewajiban bagi pengemudi untuk bisa merasakan penurunan performa mobil agar penanganan segera bisa dilakukan oleh pihak bengkel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peran Pengemudi dalam Merasakan Kondisi Kesehatan Mobil", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/09/100200415/peran-pengemudi-dalam-merasakan-kondisi-kesehatan-mobil.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm