Distribusi air bersih yang dilakukan oleh BPBD Kota Pangkalpinang.
Distribusi air bersih yang dilakukan oleh BPBD Kota Pangkalpinang. ( Dok/Renal )

BPBD Salurkan 80 Titik Distribusi Air di 10 Kelurahan di Pangkalpinang yang Terdata Kekeringan

11 September 2023 15:37 WIB

SonoraBangka.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang mencatat hingga kini sudah 80 titik lokasi yang didistribusikan air bersih.

Ya memang, sampai saat ini hampir satu bulan kekeringan melanda Kota Pangkalpinang.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Kota Pangkalpinang Renal Winanta menyebutkan, kini ada 10 Kelurahan yang sudah melaporkan adanya kekeringan

"Rata-rata distribusi air yang kami berikan memang pada rumah-rumah warga, total sudah ada 80 titik lokasi distribusi air. Ada juga dari pesantren, ke sekolah juga ada," kata Renal kepada Bangkapos.com, Senin (11/9/2023).

Distribusi air bersih yang dilakukan oleh BPBD Kota Pangkalpinang.
Distribusi air bersih yang dilakukan oleh BPBD Kota Pangkalpinang
 

Menurutnya, hingga kini sudah 62.000 liter air tersalurkan kepada masyarakat yang terdampak kekeringan.

"Setiap penyaluran mobil tangki kami membawa 4000-5000 liter air. Ada juga kemarin karena rumahnya cukup banyak di Kelurahan Ampui, kami distribusikan 10.000 liter air," ungkapnya.

Adapun Kelurahan yang kini tedata mengalami kekeringan yakni, Kelurahan Air Itam, Temberan, Semabung Lama, Gabek 1, Selindung Baru, Opas, Pasir Putih, Pintu Air, Sriwijaya, dan Ampui.

Renal menegaskan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pangkalpinang siap menyalurkan air bersih gratis kepada warga Pangkalpinang yang terdampak kekeringan kapan saja jika membutuhkan.

Dengan syarat distribusi air minimal 10 rumah yang perlu distribusi dalam satu titik wilayah.

Mempunyai titik lokasi pendistribusian yang bisa dilalui mobil tangki 4.000 liter, dan menyediakan tempat penampungan air berupa ember, drum, baskom atau jerigen. 

"Boleh juga distribusi airnya yang berulang, misal sudah distribusikan kemudian membutuhkan lagi tinggal kita atur saja jadwalnya. Kami bekerjasama dengan Perumdam Tirta Pinang untuk mendistribusikan air bersih secara gratis kepada masyarakat, hubungi kami kalau 10 rumah kami datang langsung tentukan lokasinya dimana," jelasnya. 

Nah, adapun kontak untuk menghubungi apabila membutuhkan suplai air gratis dari BPBD Kota Pangkalpinang ini hubungi 0813-7318-6500 (Firdiannur), atau 0896-8091-7979 (Reza Al-Paringgi).


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul 10 Kelurahan di Pangkalpinang Terdata Kekeringan, BPBD Sudah Salurkan 80 Titik Distribusi Air, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/11/10-kelurahan-di-pangkalpinang-terdata-kekeringan-bpbd-sudah-salurkan-80-titik-distribusi-air.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm