Ilustrasi sayur asem.
Ilustrasi sayur asem. ( SHUTTERSTOCK/tyasindayanti)

Pakai Buah Krai, Berikut Ini Cara Membuat Sayur Asem Beningan

11 September 2023 16:41 WIB

SonoraBangka.id -  Sayur asem memiliki beberapa varian, terdapat ala Sunda, Jakarta atau Betawi, dan Jawa. Kali ini kamu dapat membuat sayur asem dengan kuah bening khas Kediri, Jawa Timur. Sayur asem beningan dibuat dengan bumbu bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, belimbing wuluh dan kaldu bubuk.

Sayur asem beningan berisi kacang panjang, jagung manis, taoge kedelai, cabai merah, dan buah krai atau pare belut, jika tidak ada ganti dengan mentimun karena rasanya mirip. Simak resep sayur asem beningan berikut ini, dikutip dari buku "Masakan Rumahan Lezat dan Nikmat" (2021) karya Banu Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep sayur asem beningan

Bahan:

1 mangkuk kacang panjang, potong-potong

2 buah krai, potong-potong

1 buah jagung manis, potong-potong

2 genggam taoge kedelai

8-9 buah belimbing wuluh ukuran besar, belah dua

3 buah tomat sedang, potong-potong

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm