Modifikasi speedometer motor warna-warni(SHOPEE/GLD.MAS)
Modifikasi speedometer motor warna-warni(SHOPEE/GLD.MAS) ( KOMPAS.COM)

Modifikasi Speedometer Motor Warna-warni, Malah Kehilangan Fungsi

11 September 2023 20:45 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Modifikasi speedometer motor bisa jadi pilihan bagi pengendara yang bosan dengan tampilan motornya. Apalagi sekarang kebanyakan sudah pakai model LCD, ada saja variasinya.

Paling banyak ditemui di pasaran adalah paketan stiker yang dipasang ke speedometer sehingga jadi warna-warni cahayanya. Cuma, modifikasi seperti ini jadi tidak fungsional ketika siang hari.

Anton Suriyadi, Pemilik bengkel Service Speedometer di Cibubur mengatakan, banyak yang custom speedometer jadi warna-warni, namun ada kekurangannya.

"Selama ini kan kita tahunya bagus ya (kelihatannya) sementara saat siang hari, itu enggak kelihatan atau samar-samar, kalah dengan cahaya matahari," kata Anton kepada Kompas.com belum lama ini.

Memang, selama ditawarkan oleh penjualnya, pasti diperlihatkan dalam kondisi ruangan yang gelap, seperti di dalam rumah atau malam. Tapi saat siang, jika jadi enggak kelihatan malah menghilangkan fungsi speedometer.

"Dia kan ditambah (stiker) biar warna-warni, minimal dua maksimal tiga (lapis) biar warna lebih cerah. secara logika, dengan dua lapis ini sudah menutupi pencahayaan," kata Anton.

Jadi stiker tadi yang dipasang malah bisa menghalangi cahaya lampu dari dalam speedometer. Ingat, jangan sampai lakukan modifikasi yang malah merugikan, harus tau konsekuensinya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Modifikasi Speedometer Motor Warna-warni, Justru Kehilangan Fungsi", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/11/100200215/modifikasi-speedometer-motor-warna-warni-justru-kehilangan-fungsi.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm