Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Jojo Sutarjo
Kabid Humas Polda Babel, Kombes Pol Jojo Sutarjo ( Bangkapos.com/Riki Pratama )

Operasi Zebra Menumbing 2023, Sudah 2.181 Pelanggaran Lalu Lintas

12 September 2023 08:15 WIB

SonoraBangka.id - Hingga kini, Operasi Kepolisian Kewilayahan dengan sandi Operasi Zebra Menumbing 2023 sudah sepekan digelar oleh Polda Bangka Belitung dan jajaran.

Kepolisian mencatat, ada 2000 lebih pelanggar terjaring dalam operasi yang dimulai sejak Senin 4 September 2023 lalu.

"Selama satu Minggu digelar operasi, terdapat 2.181 pelanggar yang terjaring dalam Operasi Zebra Menumbing 2023," kata Kabid Humas Polda Bangka Belitung Kombes Pol Jojo Sutarjo, Senin (11/9/2023) 

Mantan Kapolres Beltim ini, mengatakan ribuan pelanggar ini terjaring baik melalui Tilang Electronic Traffic Light Enforcement (ETLE) maupun tilang manual.

Lebih rinci, dijelaskan Jojo, terdapat 845 pelanggar terjaring tilang ETLE, 539 pelanggar terjaring tilang manual.

"Jadi, selain diberlakukan tilang etle dan manual, ada juga yang hanya diberikan teguran berjumlah 797 pelanggar,"jelas Jojo.

Jojo menambahkan, selama digelarnya Operasi Zebra Menumbing 2023, terdapat beragam pelanggaran yang dilakukan para pengendara yang terjaring.

Terutama, tidak memakai helm, tidak melengkapi dokumen kendaraan, tidak menggunakan sabuk pengaman serta pelanggaran lainnya yang termasuk dalam sasaran prioritas operasi.

"Rata-rata pelanggar yang ditemukan ini tidak memakai helm. Padahal kita ketahui, helm menjadi keselamatan utama bagi para pengendara kendaraan roda dua,"terang Jojo.

"Penggunaan sabuk pengaman atau safety belt juga masih ada ditemukan tidak digunakan oleh pengendara roda empat,"kata Jojo.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm