Ilustrasi subsidi Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Ilustrasi subsidi Rp 7 juta untuk pembelian motor listrik. (KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Problematika Laju Penjualan Untuk Motor Listrik

13 September 2023 19:21 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah RI tengah gencar mendorong pertumbuhan motor listrik, salah satunya lewat pemberian subsidi Rp 7 juta. Walau begitu, penjualan motor listrik masih terbentur sejumlah problem.

Kesimpulan ini diungkap dalam studi kendaraan listrik yang dibuat Foundry bersama Deloitte Indonesia.

Dalam laporan ini, mengeksplorasi pasar kendaraan listrik, menganalisis potensi, infrastruktur, dan model bisnis inovatif yang dapat meningkatkan adopsi kendaraan listrik di Indonesia.

“Kalau kita lihat lebih lanjut, sebetulnya untuk adopsi ada beberapa problem untuk motor listrik,” ujar Erwin Arifin, Director of Research Foundry di Jakarta (12/9/2023).

“Jadi ini adalah studi kita, salah satu key problem-nya kurangnya infrastruktur dari energy distribution,” kata dia.

Oleh sebab itu, pemerintah kabarnya bakal mendorong pertumbuhan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU).

Targetnya, 2030 nanti, jumlah SPKLU dapat tumbuh menjadi 48.118 unit, sedang SPBKLU mencapai 196.179 unit.

Erwin juga mengatakan, hambatan selanjutnya datang dari konsumen yang masih menimbang-nimbang produk motor listrik yang sesuai dengan kebutuhannya.

“Lalu juga kurang performance yang dinilai oleh pengguna, masih kurang mumpuni. Lalu yang terakhir, mahalnya harga motor listrik,” ucap Erwin.

Sementara itu, Agus Tjahajana Wirakusumah, Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bidang Percepatan Pengembangan Industri Sektor ESDM, mengatakan, konsumen banyak yang mempertanyakan perihal kualitas produk dan layanan purnajual.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm