Honda luncurkan motor listrik EM1 e di ajang GIIAS 2023(Adityo Wisnu/Kompas.com)
Honda luncurkan motor listrik EM1 e di ajang GIIAS 2023(Adityo Wisnu/Kompas.com) ( KOMPAS.COM)

Motor Listrik Honda Masih Proses Untuk Menuju TKDN 40 Persen

13 September 2023 21:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Motor listrik Honda EM1 e: telah meluncur di ajang GIIAS 2023. Kabarnya, motor listrik ini mulai diproduksi dan dikirim ke konsumen pada akhir 2023.

Bicara soal harga, Honda EM1 e: yang dilengkapi baterai Mobile Power Pack (MPP) e: dipasarkan dengan harga sekitar Rp 40 juta - Rp 45 juta.

Secara lebih rinci, harga unit motor Honda EM1 e: dibanderol sekitar Rp 30 juta-Rp 33 juta. Adapun harga baterai MPP e: dijual Rp 10 juta-Rp 12 juta.

Kabarnya, setelah disubsidi Rp 7 juta, Honda EM1 e: diperkirakan bakal dijual di angka Rp 33 juta sampai Rp 35 juta.

Walau begitu, motor listrik Honda rupanya belum masuk ke dalam daftar penerima subsidi yang termuat di situs Sistem Informasi Pemberian Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik Roda Dua (Sisapira.id)

“Honda pastinya kan baru launching kemaren pas GIIAS. Pastinya mereka dalam waktu dekat akan menjual juga dengan skema (subsidi) itu,” ujar Budi Setiyadi, Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Listrik Indonesia (Aismoli) di Jakarta, Rabu (13/9/2023).

Budi mengatakan, sertifikat TKDN untuk Honda EM1 e: sampai sekarang belum keluar. Walau demikian, proses diperkirakan bakal selesai dalam waktu dekat.

“Honda saya tanya sama teman-teman AHM (Astra Honda Motor), lagi berproses, on going progress," ucap Budi.

"Karena itu kan mesti diverifikasi oleh mungkin mitra seperti Surveyor Indonesia, Sucofindo, sama Kementerian Perindustrian, untuk mencapai TKDN yang 40 persen,” ujarnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Motor Listrik Honda Masih Proses Menuju TKDN 40 Persen", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/13/170100115/motor-listrik-honda-masih-proses-menuju-tkdn-40-persen.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm