Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Selatan, Elizia Riza Herdavid didampingi sejumlah kepala perangkat daerah ketika memamerkan sejumlah kerajinan khas daerah itu dalam ajang Pameran Kriyanusa di JCC beberapa waktu lalu. Melalui ajang itu diharapkan mampu mengenalkan Bangka Selatan ke kancah internasional.
Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Selatan, Elizia Riza Herdavid didampingi sejumlah kepala perangkat daerah ketika memamerkan sejumlah kerajinan khas daerah itu dalam ajang Pameran Kriyanusa di JCC beberapa waktu lalu. Melalui ajang itu diharapkan mampu mengenalkan Bangka Selatan ke kancah internasional. ( Dok/Diskominfo Bangka Selatan )

Wow, Karya Pengrajin Asal Bangka Selatan Ikut Dalam Ajang Kriyanusa

15 September 2023 11:17 WIB

SonoraBangka.id - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung turut ambil bagian dalam pameran Kriyanusa di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan 12-17 September 2023 mendatang.

Melalui ajang itu, pemerintah setempat ingin menunjukkan karya para pengrajin khas daerah paling selatan Pulau Bangka.

Ketua Dekranasda Kabupaten Bangka Selatan, Elizia Riza Herdavid mengatakan, terdapat beberapa kerajinan yang turut dipamerkan dalam ajang itu. Mulai dari batik khas Bangka Selatan hingga kerajinan kriya lainnya. Di mana semua dipadukan melalui dekorasi unik di stan rumah adat dan batik daerah.

“Pameran ini merupakan bagian dari agenda tahunan Dewan Kerajinan Nasional yang diwujudkan melalui pameran karya-karya tangan para pengrajin lokal,” kata Elizia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/9/2023).

Elizia memaparkan, pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara merupakan wadah bagi para pengrajin daerah untuk memamerkan dan menjual produk-produk kerajinan tangan mereka. Produk-produk ini tidak hanya memiliki nilai estetika yang tinggi tetapi juga mencerminkan kekayaan budaya daerah. Pengunjung pameran akan memiliki kesempatan untuk melihat dan membeli berbagai macam kriya.

Layaknya anyaman, ukiran kayu, dan perhiasan tradisional yang dibuat dengan teliti oleh para pengrajin yang berbakat se-Indonesia. Daya tarik utama dari pameran ini adalah keunikan produk-produk yang dipamerkan. Kriyanusa memadukan unsur tradisional dengan desain modern, menciptakan karya seni yang indah dan berharga.

“Selain itu, pengunjung juga dapat berinteraksi langsung dengan para pengrajin, memahami proses pembuatan dan bahan belajar untuk membuat beberapa kriya sederhana,” papar dia.

Lebih jauh ungkap istri bupati ini, pameran Kriyanusa ini tidak hanya menjadi kesempatan bagi para pengrajin untuk memamerkan bakat mereka. Akan tetapi bisa untuk mempromosikan keindahan dan keragaman budaya. Ajang itu merupakan platform yang penting untuk mendukung ekonomi lokal.

Sembari memberikan peluang kepada para pengrajin untuk meningkatkan pendapatan mereka melalui penjualan produk-produk kriya mereka. Acara ini diharapkan akan menarik perhatian pengunjung dari berbagai latar belakang. Baik pencinta seni, penggemar kerajinan tangan, maupun wisatawan yang ingin mengenal lebih dekat budaya Bangka Selatan

“Dengan demikian, pameran Kriyanusa di JCC Senayan Menjadi ajang yang penting untuk mempromosikan kekayaan budaya dan seni dari Bangka Selatan kepada dunia,” ujarnya.

Kendati demikian kata Elizia, mengikuti pameran ini adalah bukti nyata komitmen Dekranasda Bangka Selatan dalam melestarikan warisan budaya dan mendukung pengrajin lokal.  Menghadirkan kriya-kriya unik dari daerah untuk memperkuat identitas Bangka Selatan dalam kancah nasional maupun internasional.

Dekranasda Bangka Selatan dan semua pengrajin yang berpartisipasi dalam pameran ini berharap agar Kriyanusa dapat menjadi ajang yang sukses dan terus berlanjut di masa mendatang.

“Sehingga keindahan dan kekayaan budaya Bangka Selatan dapat terus diapresiasi oleh generasi-generasi mendatang,” kata Elizia. 

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Karya Pengrajin Asal Bangka Selatan Ikut Dalam Ajang Kriyanusa, https://bangka.tribunnews.com/2023/09/15/karya-pengrajin-asal-bangka-selatan-ikut-dalam-ajang-kriyanusa.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm