Tips memilih jaket motor untuk berkendara, bisa bikin touring lebih aman dan nyaman (Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Tips memilih jaket motor untuk berkendara, bisa bikin touring lebih aman dan nyaman (Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Tips Beli Jaket yang Aman untuk Mengendarai Motor

17 September 2023 17:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Bagi konsumen yang hendak membeli jaket motor untuk berkendara, ada tips bermanfaat yang bisa digunakan.

Tips ini berupa poin-poin apa saja yang harus diperhatikan saat hendak memilih jaket sebagai apparel berkendara, menyangkut kualitas bahan, fitur keselamatan, dan masa pakai.

Membahas poin pertama alias bahan, hal ini memang tergantung preferensi pribadi konsumen, karena berkaitan dengan faktor kenyamanan.

Menurut Jovand, Sales Head RCW Dainese Indonesia, pengendara sebaiknya memilih jaket motor dengan jenis bahan yang cukup tebal.

Opsinya cukup banyak, contohnya seperti kulit asli atau sintetis, wool, denim, bahkan serat kevlar.

“Kalau bicara soal safety, semakin tebal itu semakin baik. Soalnya bagus untuk meredam benturan semisal jatuh dari motor,” ucapnya kepada Kompas.com di Jakarta, akhir pekan lalu.

Selain kualitas bahan, fitur keselamatan berupa padding alias lapisan penahan juga harus diperhatikan. Fitur inilah yang membedakan antara jaket biasa dengan jaket motor khusus berkendara.

“Jaket dengan padding yang baik itu fitting-nya bagus dan tidak bikin sesak, dan bisa melindungi semua sendi tubuh bagian atas. Ada di bagian leher, ketiak dan pundak, sampai sikut juga,” ucapnya.

Jovan mengatakan, semakin banyak padding pada jaket, maka semakin aman pula digunakan untuk berkendara.

Jaket riding itu kan mirip-mirip dengan rompi taktis, cuma kurang fitur antipeluru saja,” ujarnya berkelakar.

Terakhir, konsumen juga harus mempertimbangkan masa pakai jaket untuk jangka panjang. Hal ini bisa diukur dengan intensitas penggunaan.

Bila konsumen akan menggunakan jaket secara rutin, Jovand menganjurkan jaket bahan wool atau denim, karena gampang dicuci dan perawatannya tidak rumit.

Sebaliknya, jika konsumen hanya berencana menggunakan jaket untuk momen-monen tertentu saja seperti touring komunitas, bisa memilih opsi bahan kulit atau kevlar.

“Tapi utamanya harus disesuaikan dengan bujet. Enggak harus beli mahal-mahal, yang penting sudah memenuhi standar safety dan nyaman dipakai,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Beli Jaket yang Aman untuk Naik Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/17/084200115/tips-beli-jaket-yang-aman-untuk-naik-motor?page=all#page2.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm