Ilustrasi mangut lele. Lele adalah ikan yang dilapisi lendir pada kulitnya.
Ilustrasi mangut lele. Lele adalah ikan yang dilapisi lendir pada kulitnya. ( SHUTTERSTOCK/JULIAN SOMADEWA)

Teman untuk Makan Nasi Hangat, Berikut Cara Membuat Mangut Lele

18 September 2023 21:51 WIB

SonoraBangka.id - Mangut lele merupakan salah satu masakan yang sering ditemui di daerah Jawa Tengah, mirip seperti gulai namun kuahnya lebih encer dan pedas. Mangut lele dibuat dengan bumbu bawang merah, bawang putih, garam, gula pasir, kencur, kunyit, dan kemiri.

Mangut lele ini bisa ditambahkan petai dan kemangi agar semakin harum aroma masakannya. Simak resep mangut lele untuk teman makan nasi hangat, dikutip dari buku "30 Menu 2 Hidangan - Masakan Jawa Tengah" (2013) karya Dewi Untari terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep mangut lele

Bahan:

3 ekor lele, dibersihkan, lumuri bumbu (kunyit bakar halus, bawang putih, dan garam). Diamkan sebentar hingga bumbu meresap, lalu goreng kering

2 buah terong ungu, bersihkan, belah 2 dan goreng

300 ml air

5 buah petai, belah 2

3 buah belimbing sayur (wuluh)

10 buah cabai rawit

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm