Ilustrasi chili oil.
Ilustrasi chili oil. ( SHUTTERSTOCK/Brent Hofacker)

Buat Pelengkap Makan Apa Saja, Berikut 3 Cara Membuat Chili Oil

23 September 2023 17:11 WIB

SonoraBangka.id - Bahan utama chili oil adalah cabai dan minyak. Minyak cabai ini banyak digunakan untuk melengkapi hidangan, seperti dimsum, claypot nasi, dan beragam chinese food lainnya. Chili oil dapat menambah kelezatan makanan. Namun, salah membuat minyak cabai bisa menghasilkan rasa pahit, tidak pedas seperti seharusnya. Coba simak cara membuat chili oil enak yang dibagikan oleh Monica Liefanny, Head of Production Potteria, berikut ini.

1. Pakai cabai kering

Gunakan cabai kering siap pakai agar lebih praktis. Kamu juga bisa membuat chili oil mulai dari cabai utuh. Biarkan cabai utuh direndam air panas atau rebus sebentar, sebelum dikeringkan. Tiriskan cabai dan masukkan ke dalam oven untuk mengeringkannya. Pastikan cabai sudah kering sempurna agar tidak langu.

2. Gunakan perbandingan bahan yang sama 

Monica menuturkan, chili oil sebaiknya dibuat dari jumlah bahan baku yang tidak jauh berbeda. Jangan menggunakan terlalu banyak minyak karena pedasnya tidak kentara, malah terasa berminyak saja. "Sekitar satu banding satu antara cabai dan minyaknya," kata Monica ketika ditemui Kompas.com di Potteria Gading Serpong, Selasa (19/9/2023).

3. Masak selama tiga jam

Membuat chili oil harus sabar. Durasi memasaknya mencapai berjam-jam untuk mendapatkan rasa pedas dengan  "Biasanya, kami saute sampai matang dan meresap semuanya sekitar tiga hingga empat jam," ujar Monica. Pemasakan chili oil yang lama juga bisa membuat minyak cabai ini semakin awet saat disimpan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Membuat Chili Oil untuk Pelengkap Makan Apa Saja", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/23/091915775/3-cara-membuat-chili-oil-untuk-pelengkap-makan-apa-saja.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm