Ilustrasi manfaat buah nangka bagi kesehatan
Ilustrasi manfaat buah nangka bagi kesehatan ( iStockphoto/pada smith)

Bisa Tahan Sampai 1 Bulan, Berikut Cara Pilih dan Simpan Buah Nangka

23 September 2023 17:13 WIB

SonoraBangka.id -  Buah nangka cukup mudah ditemui di Indonesia, dalam pasar tradisional dan swalayan. Buah nangka muda bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan seperti sayur gudeg dan lodeh, sedangkan yang tua dapat dimakan dengan cita rasa manis.

Kamu bisa membuat kolak nangka, serabi nangka, atau tambahkan buah nangka dalam es teler. Simak cara pilih dan simpan buah nangka yang bisa tahan selama satu bulan, dilansir dari laman Ndtv Food, berikut selengkapnya. 

1. Cara pilih buah nangka

Membeli buah nangka di Indonesia cukup mudah ditemukan pada pasar tradisional dan swalayan.  Buah nangka di swalayan biasanya sudah dipotong-potong. Jika memilih jenis yang mentah pastikan potongan tidak menghitam dan terlihat lembut dan empuk. Sementara memilih buah nangka matang, dagingnya harus berwarna kuning cerah tanpa bercak gelap.

Jika ingin membeli buah utuh sehabis dipetik, hal yang perlu diperhatikan adalah aroma yang kuat. Itu tandanya sudah matang dan bisa dinikmati. Namun, saat memotong buahnya perlu mengolesi pisau dan tangan dengan minyak karena terdapat zat lengket pada buah nangka. Potong secara vertikal menjadi dua bagian kemudian diambil buahnya.

2. Cara simpan buah nangka

Buah nangka yang sudah dipotong atau diambil bijinya bisa disimpan dalam lemari es, dan dapat bertahan selama lima hingga enam hari. Bisa juga dibungkus dengan plastik kedap udara dan simpan dalam freezer, awet hingga satu bulan. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Pilih dan Simpan Buah Nangka, Bisa Tahan Sampai 1 Bulan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/23/070400075/cara-pilih-dan-simpan-buah-nangka-bisa-tahan-sampai-1-bulan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm