Ilustrasi ikan segar.
Ilustrasi ikan segar. ( PIXABAY/ RitaE )

Berikut 2 Cara Bersihkan Ikan agar Tidak Amis untuk Isian Nasi Bakar

23 September 2023 17:34 WIB

SonoraBangka.id -  Ikan suwir bumbu cocok dijadikan isian nasi bakar. Kamu tinggal mengatur tingkat gurih dan pedasnya bumbu untuk memasaknya. Menurut Miske Tjandra, pemilik Nasi Bakar Noni, tidak ada batasan jenis ikan untuk dimasak menjadi isi nasi bakar.

Satu yang pasti, ikan harus diolah dalam kondisi segar supaya tidak amis saat matang dan dikonsumsi. Ada cara mengolah ikan agar tidak amis yang dibagikan oleh Miske. Tidak terbatas untuk nasi bakar, tips membersihkan ikan ini berlaku untuk masakan apa saja.

1. Balur ikan dengan air jeruk nipis

Semua ikan basah sebaiknya dibalur dengan air jeruk nipis untuk mengurangi amisnya setelah matang. "Salmon itu salah satu ikan basah. Biasanya, saya baluri perasan jeruk nipis dulu sebelum dipanggang biar amisnya hilang," kata Miske. Tambahkan garam dan lada untuk memperkuat aroma dan rasa segar dari ikan, sekaligus menghilangkan amisnya.

2. Masak ikan bersama daun jeruk

Masih menggunakan bagian jeruk, daun jeruk juga berguna untuk menghilangkan amis ikan. "Ikannya dibersihkan biasa, dibuang kotorannya. Kemudian, dimasak dengan daun jeruk," tutur Miske saat ditemui Kompas.com di Nasi Bakar Noni Gading Serpong, Selasa (19/9/2023). Daun jeruk harus diiris tipis-tipis sebelum dicampurkan ke dalam masakan ikan agar wanginya lebih keluar dan amisnya berkurang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "2 Cara Bersihkan Ikan agar Tidak Amis untuk Isian Nasi Bakar", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/22/093300975/2-cara-bersihkan-ikan-agar-tidak-amis-untuk-isian-nasi-bakar.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm