Ilustrasi ekstrak vanilla, vanila.
Ilustrasi ekstrak vanilla, vanila. ( SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO)

Selain untuk Kue, Berikut Ini 8 Kegunaan Ekstrak Vanili

23 September 2023 17:41 WIB

SonoraBangka.id - Vanilla extract atau ekstrak vanili umumnya sebagai penambah rasa dan aroma pada kue. Ekstrak vanili selain untuk kue juga mempunyai banyak fungsi pada makanan, seperti mengurangi rasa asam pada saus tomat. Simak kegunaan ekstrak vanili selain untuk kue, dikutip dari laman Taste of Home, berikut selengkapnya.

1. Tingkatkan rasa pada saus brown butter

Ekstrak vanila dan brown butter kombinasi yang pas untuk membuat kue. Hal yang sama berlaku untuk hidangan gurih. Kualitas panggang dan bakar dari kedua bahan brown butter dan ekstrak vanili dapat menambah sentuhan rasa baru.

2. Tingkatkan rasa di sayur panggang

Sayuran panggang untuk barbekyu bisa kamu tambahkan ekstrak vanili yang akan menciptakan rasa karamel dari efek dipanggang serta mengeluarkan rasa manis dari sayuran.

3. Memperkuat rasa tropis

Ekstrak vanili merupakan bahan yang berasal dari daerah tropis. Jadi secara alami akan melengkapi cita rasa bahan tropis lainnya. Seperti sup kari dengan santan dapat ditambahkan sedikit ekstrak vanili untuk menambahkan rasa lezat.

4. Pengganti  wine  pada risotto

Jika membuat risotto tidak bisa menggunakan wine, kamu dapat menggantinya dengan kaldu dalam jumlah yang sama ditambah satu sendok teh ekstrak vanili. Ekstrak vanili akan menguap dan memberikan rasa dan aroma seperti halnya anggur.

5. Kurangi keasaman saus tomat

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm