Tangkapan layar video amatir pengguna jalan yang sempat merekam kebakaran yang dialami seorang pemilik bengkel dan sebuah motor, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (28/2/2023).(KOMPAS.COM/HANDOUT)
Tangkapan layar video amatir pengguna jalan yang sempat merekam kebakaran yang dialami seorang pemilik bengkel dan sebuah motor, di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Selasa (28/2/2023).(KOMPAS.COM/HANDOUT) ( KOMPAS.COM)

Ketahui Untuk Penyebab Motor Bisa Terbakar Saat Mengalami Kecelakaan

25 September 2023 21:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kecelakaan maut terjadi di exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (23/9/2023) melibatkan truk tronton dan sejumlah mobil, serta sepeda motor yang berhenti di lampu merah.

Akibat insiden ini, sejumlah motor dan empat mobil pribadi mengalami kerusakan parah. Hingga berita ini ditulis, jumlah korban yang meninggal tercatat empat orang, sedangkan belasan orang mengalami luka ringan hingga berat.

Saksi mata, Samsul menceritakan, terdapat kendaraan roda dua tampak terbakar. “Tiga di antara motor terbakar tadi,” ungkapnya.

Andre, mekanik Part Station Wonogiri mengatakan, penyebab motor yang terbakar ketika kecelakaan akibat bahan bakar di tangki tumpah.

“Motor abis kecelakaan kan roboh, nah seketika itu bahan bakar yang di tangki, ataupun di karburator tumpah terus mengenai percikan api busi atau koil yang sedang menyala,” ungkap Andre kepada Kompas.com, Minggu (24/9/2023).

Andre juga mengatakan, bila motor langsung mati ketika jatuh kemungkinan tidak terjadi kebakaran.

“Mungkin kalau motornya seketika mati, maka tidak akan terjadi kebakaran, meskipun bahan bakarnya tumpah,” kata Andre.

Selain itu, Andre juga mengatakan terdapat motor yang pada kemiringan tertentu, ketika rodoh motor akan otomatis mati.

“Namanya lean angle sensor atau sensor kemiringan, ini bekerja ketika motor roboh sensor tersebut mengirim sinyal ke ecu dan otomatis akan mematikan kinerja mesin,” ungkap Andre.

“Teknologi ini biasanya diterapkan di motor yang didesain untuk lelaki, seperti Yamaha Vixion dan Honda CBR,” kata Andre.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketahui Penyebab Motor Bisa Terbakar Saat Mengalami Kecelakaan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/25/091200715/ketahui-penyebab-motor-bisa-terbakar-saat-mengalami-kecelakaan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm