Ilustrasi teh.
Ilustrasi teh. ( SHUTTERSTOCK/Santhosh Varghese)

Berikut Ini 4 Kesalahan Seduh Teh Yang mEMBUAT Rasa Tidak Enak

26 September 2023 18:02 WIB

SonoraBangka.id - Cara menyeduh teh tidak sulit. Kamu hanya memerlukan daun teh dan air untuk membuat minuman ini. Namun, salah menyeduh teh bisa membuat rasa dan aromanya tidak maksimal. Begitu juga dengan warnanya. Coba simak dan hindari kesalahan menyeduh teh yang membuat rasanya pahit berikut ini.

1. Air terlalu panas

Dikutip dari Better Homes and Gardens, teh harus diseduh dengan air yang tepat, tidak boleh terlalu panas. Menyeduh teh dengan air terlalu panas bisa membakar daun teh dan membuat rasa pahit muncul ketika diminum. Umumnya, teh hijau dan teh putih cukup diseduh dengan air bersuhu 60-85 derajat celsius, sementara tah hitam bagus diseduh dengan suhu 97-100 derajat celsius. Biarkan teh direndam air panas selama dua hingga tiga menit, baru tuang ke teko atau cangkir. 

2. Merebus teh

Biasanya, teh tubruk direbus untuk mengeluarkan warna dan aromanya. Namun, sebaiknya perhatikan jenis panci dan durasi memasak saat menggunakan metode ini. Dikutip dari Food NDTV, merebus teh terlalu lama bisa membuat rasanya menjadi pahit. Sebaiknya, gunakan panci stainless steel untuk merebus air. Selanjutnya, matikan api kompor saat air hampir mendidih, lalu masukkan daun teh atau teh celup ke dalamnya. Tutup dan biarkan sebentar sebelum diseduh.

3. Mencampur teh dengan susu dan gula 

Teh saat ini biasa diseduh dengan gula dan susu. Teh tanpa tambahan apapun juga disukai banyak orang. Menambahkan gula dan susu ke dalam teh harus tepat. Bila salah, teh terlihat tidak menarik karena lemak susu akan terpisah di bagian atas. Hindari menggunakan susu panas agar tidak ada lapisan di antara teh dan susu, belum lagi warna keduanya yang kontras sehingga kurang menarik. Teh tanpa susu dan gula juga dinilai lebih sehat. Selain menghindari kalori berlebih, rasa asli dan aroma teh juga akan semakin keluar.

4. Menyimpan teh di wadah terbuka

Teh bertahan lama. Namun, bila tidak disimpan dengan benar, kualitasnya kian menurun sehingga aroma dan rasanya tidak maksimal. Sebab, teh memiliki aroma kuat yang bisa menyerap bau sekitar bila disimpan dalam kondisi terbuka. Pastikan kamu mengambil teh yang disimpan dari wadah kedap udara. Tempatkan wadah ini jauh dari sinar matahari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Kesalahan Seduh Teh Bikin Rasa Tidak Enak, Air Terlalu Panas", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/09/26/161200375/4-kesalahan-seduh-teh-bikin-rasa-tidak-enak-air-terlalu-panas?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm