Potret Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Minggu (17/9/2023).
Potret Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung, Minggu (17/9/2023). ( KOMPAS.com)

Kereta Cepat Disambung hingga Surabaya, Lewati Solo dan Yogyakarta

29 September 2023 16:17 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah bakal meneruskan pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung hingga ke Surabaya, Jawa Timur.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan membocorkan rute kereta cepat menuju ke Surabaya yang saat ini sedang dikaji oleh pemerintah.

"Presiden memerintahkan kita untuk membuat studi mengenai kelanjutan Kereta Cepat Jakarta-Bandung sampai Surabaya, nanti melalui Kertajati, melalui Jogja, Solo, dan Surabaya," ujarnya saat menghadiri acara Hub Space 2023 di JCC Senayan, Jumat (29/9/2023),

Luhut mengatakan, untuk proyek KCJB sendiri baru akan diresmikan pada 2 Oktober nanti oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Saat ini rute kereta cepat Jakarta-Bandung melayani perjalanan dari Stasiun Halim, Jakarta ke Stasiun Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Namun rute kereta cepat ini tidak sampai ke Kota Bandung, bahkan jarak pemberhentian terakhir, yakni Stasiun Tegalluar ke Kota Bandung sejauh 30 kilometer.

Berdasarkan uji coba yang dilakukan selama hampir dua pekan ini, waktu tempuh kereta cepat dari Jakarta ke Bandung sekitar 30 menit.

"Kemarin rapat kami untuk segera dari Bogor sampai disambungkan ke Jakarta, selebihnya sekarang sedang jalan," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan diperpanjang dari hingga Surabaya, dari saat ini hanya dari Stasiun Halim ke Tegalluar.

Dengan kereta cepat, rute Jakarta ke Surabaya bisa ditempuh hanya dalam waktu 4 jam sehingga bisa bersaing dengan pesawat udara.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm