Ilustrasi merawat rantai motor(Dok. AHM)
Ilustrasi merawat rantai motor(Dok. AHM) ( KOMPAS.COM)

Jangan Malas Untuk Melakukan Perawatan Mudah Rantai Motor

30 September 2023 21:38 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perawatan rantai motor tidak hanya berkontribusi pada kenyamanan berkendara, tetapi juga memperpanjang umur pakai komponen.

Rantai motor yang dirawat dengan tepat akan berada dalam kondisi yang optimal, sehingga dapat menjaga keseimbangan tegangan dan meningkatkan efisiensi penggunaan, serta mengurangi risiko kerusakan.

Perawatan rantai motor yang paling mudah dilakukan adalah dengan memberikan pelumas secara teratur. Perilaku sederhana ini dapat melindungi dari keausan yang dapat mempengaruhi performa dan umur pakai kendaraan.

Andre, mekanik Part Station Wonogiri mengatakan, perawatan rantai motor sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah.

“Paling cuma sekadar rajin dilumasi aja. Jika sudah terlihat kering, rantai boleh langsung dilumasi,” ungkap Andre kepada Kompas.com, Jumat (29/9/2023).

Andre juga menyarankan ketika melumasi rantai motor, sebaiknya menggunakan oli baru. Sebab viskositasnya lebih optimal dan kandungan aditif yang dimiliki baik, sehingga membantu pelumasan efektif, memberikan perlindungan maksimal, serta mengurangi risiko keausan.

Sebagai informasi, oli yang baru cenderung lebih mampu menahan beban dan tekanan pada rantai, sehingga menjadi pilihan baik untuk memelihara rantai motor secara menyeluruh.

Kemudian, ketika akan melumasi rantai dan terlihat kotor, ada baiknya untuk dibersihkan dengan cara dicuci terlebih dahulu, supaya kotoran dan debu penyebab gesekan berlebih hilang.

“Rantai motor dibersihkan dengan cara dicuci boleh dilakukan, untuk sabun yang digunakan ketika mencuci rantai juga bebas tidak ada batasan khusus,” ungkap Andre.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jangan Malas Melakukan Perawatan Mudah Rantai Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/09/30/084200715/jangan-malas-melakukan-perawatan-mudah-rantai-motor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm