Ilustrasi bolu kukus semangka.
Ilustrasi bolu kukus semangka. ( SHUTTERSTOCK/tyasindayanti)

Berikut Tips Membuat Bolu Kukus Mekar dan Merekah Sempurna

1 Oktober 2023 15:01 WIB

SonoraBangka.id - Membuat bolu kukus yang mekar dan merekah sempurna agak berbeda dengan bolu kukus pada umumnya. Jika bolu kukus umumnya lembut, sementara pada bolu kukus yang mekar justru harus padat sehingga mekar dan merekah. Kepadatan akan terlihat sejak pada adonan kue, maka harus diperhatikan beberapa bahan membuat bolu kukus. Simak tips membuat bolu kukus mekar dan merekah sempurna, dikutip dari majalah "Saji / ED 502 2021" (2021) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Pilihan telur

Gunakan telur ukuran sedang yaitu 50 gram, setelah tanpa telur. Penggunaan telur ayam yang lebih besar akan menghasilkan adonan yang lebih lembut sehingga sulit atau tidak nisa mengembang.

2. Bahan gula pasir

Gula pasir yang digunakan harus banyak, sehingga ketika dikocok telur akan segera mengental. Itulah sebabnya bolu kukus cenderung sangat manis rasanya. Penggunaan gula pasir kasar akan lebih baik pada hasil bolu kukus.

3. Emulsifier

Pembuatan bolu kukus sebetulnya tidak haru menggunakan emulsifier. Terutama jika sudah terbiasa membuatnya. Namun agar aman dan hasilnya mekar sempurna, bisa menggunakan emulsifier karena pemakaian gula cukup banyak. Gula yang banyak ini membuat proses pengocokan harus lebih lama sehingga kemungkinan adonan bisa cair. Pemakaian emulsifier bisa membantu tercampurnya unsur lemak dan air. Emulsifier sebaiknya tidak terlalu banyak seperti pembuatan cake lainnya.

4. Tepung terigu

Penggunaan tepung terigu harus cukup banyak, artinya lebih banyak dibandingkan ketika membuat cake jenis lain. Tepung terigu jumlah banyak akan membuat adonan menjadi kental dan menghasilkan tekstur kue yang padat.

5. Bahan cair

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm