ilustrasi biji kopi dan kopi yang sudah diseduh.
ilustrasi biji kopi dan kopi yang sudah diseduh. ( SHUTTERSTOCK/jazz3311)

Pakai Wajan Stainless Steel atau Cast Iron Berikut Cara Sangrai Biji Kopi

2 Oktober 2023 15:50 WIB

SonoraBangka.id - Biji kopi mentah yang biasanya berwarna hijau muda (green beans) belum bisa diseduh, harus disangrai terlebih dahulu. Melansir Homegrounds.com, menyangrai biji kopi akan menciptakan reaksi maillard.

Lebih dari 800 senyawa diubah dari biji kopi mentah yang tidak berasa menjadi senyawa lezat dan aromatik pada biji kopi sangrai. Jika kamu mempunyai biji kopi mentah, coba sangrai menggunakan wajan stainless steel atau cast iron.

Dua jenis wajan ini mempunyai lapisan tebal sehingga tidak membuat biji kopi cepat gosong. Hindari menggunakan wajan antilengket karena bakal mempengaruhi rasa kopi menjadi kurang enak. Menyangrai biji kopi menggunakan wajan itu cukup cepat dan tidak memerlukan bujet besar.

Namun, cara ini menyulitkan untuk mendapatkan suhu yang tepat dan menghasilkan asap tebal selama proses menyangrai. Apabila kamu memilih cara ini, siapkan wajan, saringan stainless steel, spatula kayu, dan wadah kaca kedap udara.

Durasi menyangrai biji kopi tergantung jumlah dan besarnya api tetapi untuk metode dari Homegrounds.co ini sekitar 15 menit. Takaran biji kopi tidak banyak, hanya menutupi dasar wajan ukuran sedang yang biasa dipakai di rumah. Ikuti cara menyangrai biji kopi pakai wajan berikut.

1. Maksimalkan ventilasi

Buka jendela dan nyalakan kipas angin. Proses menyangrai kopi akan menghasilkan banyak asap. Pilihan aman adalah memanggang di ruang terbuka.

2. Panaskan wajan

Tempatkan wajan di atas api sedang, suhunya sekitar 232 derajat celsius. Mendapatkan suhu yang tepat untuk pertama kalinya bisa jadi sulit. Bereksperimenlah untuk menemukan suhu terbaik. Kompor atau pemanggang gas akan memudahkan menemukan suhu yang tepat.

3. Masukkan biji kopi

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm