Ilustrasi jenis-jenis batu bara.(iStockphoto/small smiles)
Ilustrasi jenis-jenis batu bara.(iStockphoto/small smiles) ( KOMPAS.COM)

Butuh Waktu Jutaan Tahun, Begini Untuk Proses Terbentuknya Batu Bara

2 Oktober 2023 18:23 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Batu bara adalah bahan bakar fosil tak terbarukan yang dibakar dan umumnya digunakan untuk menghasilkan listrik.

Dikutip dari National Geographic, batu bara adalah batuan sedimen berwarna hitam atau hitam kecoklatan yang terdiri dari karbon dan hidrokarbon.

Tingginya kandungan tersebut membuatnya gampang terbakar atau mengandung energi yang dapat dilepaskan melalui pembakaran (burning).

Batu bara terdapat dalam formasi bawah tanah yang disebut “lapisan batu bara”. Lapisan ini bisa setebal 30 meter dan membentang sepanjang 1.500 kilometer.

Lapisan batu bara ada di setiap benua, dan cadangan batu bara terbesar terdapat di Amerika Serikat, Rusia, China, Australia, dan India.

Batu bara tergolong sumber energi tak terbarukan karena membutuhkan waktu jutaan tahun untuk terbentuk.

Lantas, bagaimana proses baru bara terbentuk?

Proses terbentuknya batu bara

Batu bara mengandung energi yang disimpan oleh tumbuhan yang hidup ratusan juta tahun lalu di hutan rawa.

Lapisan tanah dan batu menutupi tumbuhan selama jutaan tahun, kemudian tekanan dan panas yang dihasilkan mengubah tumbuhan menjadi zat yang dikenal sebagai batu bara.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm