Pulau Lengkuas yang jadi satu ikon wisata di Belitung
Pulau Lengkuas yang jadi satu ikon wisata di Belitung ( Dok/Pos Belitung )

Pihak Stasiun Meteorologi Berikan Klarifikasi Terkait Berita Kabupaten Belitung Masuk 11 Kota Terpanas

6 Oktober 2023 07:56 WIB

SonoraBangka.id - Adanya informasi yang menyatakan Kabupaten Belitung termasuk 11 kota terpanas di Indonesia dengan suhu 36,1 derajat celcius dibantah pihak Stasiun Meteorologi Bandara H AS Hanandjoeddin. 

Kepala Kelompok Teknisi, Stasiun Meteorologi Bandara H AS Hanandjoeddin Tanjungpandan, Ridwanto mengatakan suhu di wilayah Belitung hanya sekitar 35 derajat celcius. 

"Kalau data yang kami amati di sini memang hanya 35 derajat celcius belum pernah sampai 36 derajat. Mungkin saja salah ketika pengiriman data, itu bisa saja," ungkapnya kepada Posbelitung.co, Kamis (5/10/2023). 

Dia memprediksi hujan diperkirakan akan terjadi sekitar dasarian dua atau tanggal belasan di bulan Oktober. 

Bahkan beberapa hari ini, mendung sudah terjadi di wilayah Belitung hanya saja hujan belum turun. 

Menurutnya jika hujan mulai turun nantinya akan berintensitas rendah dan sedang disebabkan kondisi cuaca masih masuk pancaroba. 

"Kalau pancaroba itu kita juga harus waspada karena biasanya disertai angin dan petir. Apalagi arah angin masih sering berubah," katanya. 

Berdasarkan pengamatan Stasiun Meteorologi Bandara H AS Hanandjoeddin, musim kemarau sudah terjadi semenjak Agustus lalu. 

Cuaca panas disertai angin sering terjadi setiap hari sehingga membuat beberapa wilayah kering.  

"Tapi sekarang kecepatan angin sudah berkurang sekitar 15 knot," katanya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kabupaten Belitung Masuk 11 Kota Terpanas, Pihak Stasiun Meteorologi Berikan Klarifikasi, https://bangka.tribunnews.com/2023/10/05/kabupaten-belitung-masuk-11-kota-terpanas-pihak-stasiun-meteorologi-berikan-klarifikasi.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm