ilustrasi saudara kandung.
ilustrasi saudara kandung. ( sumber: shutterstock via kompas.com)

Banyak Untungnya! Ini Tips Berbisnis dengan Saudara Kandung untuk Dapat Penghasilan Tambahan

6 Oktober 2023 10:22 WIB

SonoraBangka.id - Apakah saat ini kamu punya ide mengajak saudara kandung untuk mencari penghasilan tambahan?

Mencari penghasilan tambahan bersama saudara kandung bisa mencetuskan banyak keunggulan, lho.

Usaha yang dibangun bersama kakak atau adik kandung sudah banyak dilakukan oleh masyarakat umum hingga para artis. Sebut saja Zaskia Mecca, Ruben Onsu, hingga Zaskia dan Shireen Sungkar.

Yuswohady, Managing Partner Inventure mengatakan, berbisnis bersama kakak atau adik punya banyak keunggulan. Pasalnya secara kepentingan dan kepercayaan, hal tersebut sudah tertanam sejak dini.

Kendati demikian, keunggulan sangat erat dengan kelemahan. Yuswo menambahkan, di dalam keluarga khususnya hubungan bisnis kakak-adik, semua hal dianggap urusan keluarga.

Sehingga, banyak yang melupakan bahwa urusan bisnis tak bisa disamakan dengan urusan keluarga.

“Kalau tidak diatur secara profesional maka menjadi masalah di lain hari. Terus di dalam manajemen juga begitu. Ketika itu diisi oleh keluarga, maka pertimbangannya juga pertimbangan family. Ketika perusahaan sudah mulai profesional, kita enggak cuma cukup trust saja tapi juga kompetensi,” jelas Yuswo.

Itulah sebabnya, sebelum kamu ingin berkolaborasi bisnis bersama kakak dan adik, penting untuk menegakan rambu-rambu keprofesionalitasan.

Urusan standar operasional prosedur (SOP) juga harus dipikirkan matang-matang sejak awal.

Sebab dalam berbisnis, tak menutup kemungkinan jika hubungan kakak-adik bisa renggang hingga tak akur akibat masalah keuangan dan aset yang besar.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm