Ilustrasi Elektrik Power Steering(GUIDEAUTOWEB.com)
Ilustrasi Elektrik Power Steering(GUIDEAUTOWEB.com) ( KOMPAS.COM)

Fungsi Utama Fitur Power Steering Mobil, Memudahkan Untuk Saat Parkir

9 Oktober 2023 17:27 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Power steering merupakan piranti dan sistem yang membuat kemudi kendaraan roda empat atau lebih menjadi ringan. Saat ini power steering menjadi fitur standar buat mobil-mobil baru.

Giyarno, pemilik bengkel spesialis Giri Power Steering di Cinere, Depok, Jawa Barat, mengatakan, power steering pada dasarnya cuma meringankan setir saat mobil kondisi berhenti agar pengemudi tidak berat.

"Power steering itu gunanya saat mobil kondisi berhenti saja biar tidak berat. Tapi kemudian saat mobil sudah jalan biasanya sudah enteng setirnya," kata Giyar kepada Kompasc.om, belum lama ini.

Giyar mengatakan, saat ban sudah mulai menggelinding maka setir otomatis akan terasa ringan mengikuti kecepatan mobil.

"Jadi dia berfungsi kalau mau parkir, biar setir mudah digerakkan. Enteng gitu," ujar Giyar.

Giyar mengatakan, saat ini ada dua jenis power steering yang banyak dipakai oleh mobil. Pertama model hidrolik yang menggunakan oli, dan kedua model elektrik alias electronic power steering (EPS) yang menggunakan motor.

"Kalau yang model yang lama atau model hidrolik masalah yang paling sering itu bocor, ada juga masalah jadi berat tapi jarang," kata Giyar.

"Bocor karena apa, rata-rata faktor usia. Mobil umur lama (mobil tua) jadinya bocor," katanya.

Adapun keluhan utama power steering elektrik paling banyak ialah bunyi suara di bagian setir. Giyar mengatakan, bunyi itu disebabkan karena pemakaian yang kurang benar atau kurang hati-hati karena sering lewat jalan rusak.

"Semua mobil yang pakai elektrik itu sebetulnya enak pakainya cuma agak riskan dan agak bermasalah kalau lewat jalan rusak," kata Giyar.

Jika mobil sering melewati jalan rusak maka komponen yang pertama bermasalah ialah bushing. Bushing sendiri merupakan isolator getaran dan biasanya terbuat dari karet.

"Kalau EPS yang paling sering terkena itu bushing. Kalau sering lewat jalan rusak dan memakainya kasar itu bushing akan aus. Kalau bushing aus maka akan bunyi gluduk-gluduk begitu," kata Giyar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Fungsi Utama Fitur Power Steering Mobil, Memudahkan Saat Parkir", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/09/162100915/fungsi-utama-fitur-power-steering-mobil-memudahkan-saat-parkir.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm