Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian-Mendagri Tito Karnavian mengatakan komoditas pangan alternatif tersebut jauh lebih sehat dikonsumsi oleh masyarakat ketimbang nasi
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian-Mendagri Tito Karnavian mengatakan komoditas pangan alternatif tersebut jauh lebih sehat dikonsumsi oleh masyarakat ketimbang nasi ( dok kemendagri)

Mendagri Imbau Masyarakat Beralih Makan Ubi Hingga Sukun Saat Beras Mahal

10 Oktober 2023 07:52 WIB

SonoraBangka.id - Dengan melonjaknya harga beras di pasaran membuat pemerintah mengimbau masyarakat agar mulai beralih melirik komoditas pangan alternatif.

Langkah tersebut dianggap sebagai respons dari harga beras yang kian meroket.

Beberapa waktu lalu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian lantas meminta masyarakat untuk tak bergantung terhadap nasi untuk memenuhi asupan karbohidrat.

Untuk memenui asupan karbohidrat Tito mengimbau agar masyarakat beralih ke komoditas pangan lain, misalnya ubi, singkong, jagung, sorgum, hingga sukun.

"Itu semua enak-enak itu. Ada ubi jalar, ada sorgum, ada sukun, banyak sekali yang bisa menjadi bahan pokok," kata Tito Karnavian ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa (3/10/2023) dikutip dari Kompas.com.

Ia mengatakan komoditas pangan alternatif tersebut jauh lebih sehat dikonsumsi oleh masyarakat ketimbang nasi.

Mantan Kapolri itu pun mengaku, saat ini dirinya sudah mulai mengkonsumsi berbagai jenis alternatif beras.

Mulai dari sukun, ubi, hingga keladi.

"Jangan merasa minder dan merasa rendah untuk makan makanan itu. Saya aja makan makanan itu tiap hari," tutur Tito. 

Dengan adanya diversifikasi sumber karbohidrat, permintaan beras akan berkurang. Pada akhirnya, harga beras diharapkan dapat kembali turun.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm