Ilustrasi pencurian motor
Ilustrasi pencurian motor ( SHUTTERSTOCK/chalermphon_tiam)

Hanya 30 Detik! Waspada, Pelaku Pencurian Kendaraan Bermotor Sebut 2 Jenis Motor Ini Mudah Dicuri

10 Oktober 2023 08:16 WIB

SonoraBangka.id - Belum lama ini, seorang pelaku pencurian motor di Kota Semarang, yang disebut dengan inisial Aris, memberikan wawasan tentang jenis motor yang paling rentan dicuri.

Menurut Aris, ada dua jenis motor yang lebih mudah dicuri, yaitu motor CBR dan Vario.

Aris menjelaskan, "Motor yang gampang dicuri itu CBR dan Vario.

Alasannya soketnya kelihatan, paling butuh waktu satu menit."

Sebaliknya, menurut pengakuan Aris, motor yang sulit dijebol adalah motor Beat.

Aris menyebut bahwa posisi stang motor Beat tidak memengaruhi tingkat keamanannya.

Kendala terbesar muncul ketika motor dilengkapi dengan tambahan kunci pengaman.

Operasi Sikat Jaran Candi 2023 oleh Polrestabes Semarang mengungkapkan sebanyak 33 kasus pencurian dengan 32 tersangka selama operasi berlangsung dari 18 Agustus hingga 6 September 2023.

"Kasus target operasi (TO) sebanyak 7, sisanya non TO sebanyak 26 kasus. Tersangka ada 32 orang. Barang bukti termasuk 2 buah mobil dan 34 unit motor," ungkap Wakapolrestabes Semarang, AKBP Wiwit Ari Wibisono. 

Ia menyebut bahwa para tersangka umumnya melakukan pencurian dengan cara merusak atau mencuri bagian motor, seperti soket atau komponen lainnya, untuk dijual terpisah. Ini bertujuan untuk menghindari deteksi dari petugas.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm