Ilustrasi es krim batang semangka.
Ilustrasi es krim batang semangka. ( Dok. Shutterstock/JeniFoto)

Camilan Dingin Tanpa Gula, Berikut Cara Membuat Es Semangka Batang

10 Oktober 2023 15:45 WIB

SonoraBangka.id - Buah yang dicetak jadi es krim bisa jadi camilan untuk redakan suhu panas tubuh dari cuaca yang terik. 

Cara ini juga bisa jadi alternatif membuat camilan sehat untuk anak tanpa gula. 

Gunakan bahan buah di sekitar kamu, contohnya semangka yang harganya sedang murah karena musim kemarau. 

Resep dari BBC Good Food ini juga menggabungkan kiwi, jika tidak ada kamu bisa pakai bahan buah lain yang punya banyak kandungan air seperti jeruk atau buah naga.   

Resep es semangka batang

Bahan: 

1 buah semangka ukuran kecil, belah ambil dagingnya

3 buah kiwi

Cara membuat es semangka batang

1. Pisahkan sekitar 400 gr daging semangka dan sisihkan bijinya. 

2. Haluskan semangka dengan blender lalu isi ke dalam cetakan es krim batang (lollies) sampai tiga perempat penuh. Masukkan stik kayu. Simpan di freezer selama minimal tiga jam sampai beku. 

3. Kupas tiga buah kiwi, ambil daging hijaunya. Haluskan dengan blender. Tambahkan pure kiwi ini ke dalam cetakan es krim batang sampai penuh. Bekukan lagi agar siap disantap. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Es Semangka Batang 2 Bahan, Camilan Dingin Tanpa Gula", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/10/121000675/resep-es-semangka-batang-2-bahan-camilan-dingin-tanpa-gula.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm