Ilustrasi oatmeal coklat topping susu kental manis. Tambahan bahan-bahan dengan kandungan gula tinggi pada oatmeal dapat menurunkan gizi sekaligus meningkatkan kadar kalori.(DOK. Northernnester)
Ilustrasi oatmeal coklat topping susu kental manis. Tambahan bahan-bahan dengan kandungan gula tinggi pada oatmeal dapat menurunkan gizi sekaligus meningkatkan kadar kalori.(DOK. Northernnester) ( KOMPAS.COM)

5 Efek Samping Oatmeal, Bisa Untuk Dukung Penurunan Juga Penambahan Berat Badan

12 Oktober 2023 17:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Oatmeal, olahan dari oat atau biji sereal utuh, merupakan salah satu menu sarapan dengan kandungan gizi terbaik.

Oatmeal bukan cuma kaya akan karbohidrat dan serat, tetapi tinggi protein dan lemak daripada kebanyakan biji-bijian lain.

Dilansir dari Healthline, makanan ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti tiamin, asam pantotenat, folat, mangan, fosfor, magnesium, tembaga, besi, dan seng.

Oatmeal juga memiliki senyawa avenanthramides yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Senyawa yang hampir hanya ditemukan pada gandum tersebut membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan produksi gas oksida nitrat.

Gas molekul tersebut membantu melebarkan pembuluh darah, sehingga aliran darah dalam tubuh menjadi lebih baik.

Bahan pangan ini mengandung beta-glukan, sejenis serat larut yang akan membentuk larutan kental seperti gel saat berada di usus.

Selain meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam saluran pencernaan, kehadiran serat beta-glukan juga membantu menurunkan gula darah dan respons hormon insulin.

Lantas, adakah efek samping oatmeal?

Efek samping oatmeal

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm