ilustrasi chiffon cake yang sudah dihias.
ilustrasi chiffon cake yang sudah dihias. ( shutterstock/bonchan)

Ketahui Sebelum Bikin, Berikut 6 Perbedaan Sponge dan Chiffon Cake

15 Oktober 2023 14:36 WIB

SonoraBangka.id -  Sedang ingin membuat birthday cake untuk orang terkasih? Kamu bisa coba membuat chiffon cake atau sponge cake sebagai bahan dasarnya.

Kedua bolu tersebut memiliki tekstur yang lembut dengan cita rasa gurih yang bisa dihidangkan tanpa perlu dihias.

Dilansir dari berbagai sumber, simak perbedaan antara sponge cake dan chiffon cake berikut ini.

1. Penggunaan lemak

Dilansir dari laman Southern Living, penggunaan lemak pada chiffon cake yaitu minyak yang dicampur dengan baking powder. Penggunaan minyak dalam chiffon cake inilah yang membuat teksturnya terasa lebih lembab dibandingkan sponge cake.

Sementara pada bahan membuat sponge cake tidak menggunakan minyak. Melainkan hanya menggunakan kuning telur dan margarin, seperti yang ditambahkan dalam laman Kompas.com.

2. Cara menguleni bahan sponge cake

Dilansir dari laman Southern Living, cara menguleni bahan adonan sponge cake adalah dengan cara melipat. Cara tersebut yang membuat udara masuk ke dalam bahan adonan.

Cara menguleni itulah yang membuat adonan di dalam sponge cake terasanya kenyal dan ringan.

3. Tekstur sponge cake dan chiffon cake

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm