Ilustrasi semangka kuning. Mengonsumsi semangka kuning berlebihan dapat menaikkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.(SHUTTERSTOCK/DEENIDA)
Ilustrasi semangka kuning. Mengonsumsi semangka kuning berlebihan dapat menaikkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes.(SHUTTERSTOCK/DEENIDA) ( KOMPAS.COM)

5 Efek Samping Semangka Kuning, Waspada Untuk Gula Darah Naik!

16 Oktober 2023 16:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Semangka kuning mengandung nutrisi yang tak kalah melimpah dari semangka merah.

Buah ini memiliki bentuk lonjong, kulit lebih tebal dan keras, serta rasa sedikit lebih manis daripada semangka berdaging merah.

Dilansir dari Taste of Home, berbeda dari semangka merah yang mendapat warna dari likopen, daging kuning dalam buah ini berasal dari kandungan beta karoten.

Tak kalah dari likopen, beta karoten adalah antioksidan kuat yang memberi banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk perlindungan terhadap kanker dan penyakit mata.

Semangka kuning merupakan sumber vitamin C, yang mendukung kekebalan tubuh, memperbaiki kulit, serta mempercepat proses penyembuhan tubuh.

Kaya akan kalium, buah ini turut membantu membangun menjaga keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh serta menurunkan tekanan darah tinggi.

Dikutip dari Stylecraze, semangka kuning juga menyediakan air dan serat, dua unsur yang penting untuk mendukung kesehatan usus.

Bukan cuma menyehatkan pencernaan, tingginya persentase air dalam semangka kuning pun dapat membantu tubuh tetap terhidrasi.

Lantas, apa saja efek samping semangka kuning?

Efek samping semangka kuning

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm