Ilustrasi adonan roti yang mengembang setelah didiamkan sekitar 1 jam.
Ilustrasi adonan roti yang mengembang setelah didiamkan sekitar 1 jam. ( PIXABAY/ZWODRA)

Berikut 7 Cara Gunakan Baking Powder Pengganti Ragi Buat Roti

18 Oktober 2023 15:03 WIB

SonoraBangka.id - Ragi membuat adonan roti mengembang karena adanya interaksi dari gula dalam tepung untuk menghasilkan gelembung karbon dioksida.

Proses pembuatan roti ragi memerlukan beberapa waktu untuk mengembang sebelum dipanggang, biasanya memanggang juga membutuhkan waktu lama.

Namun, ragi menambah rasa dan nutrisi pada roti. Jika tidak memiliki ragi di rumah kamu bisa menggantinya dengan baking powder atau untuk membuat roti tanpa gluten.

Simak cara menggunakan baking powder sebagai pengganti ragi untuk membuat roti, dikutip dari laman Leaf tv, berikut selengkapnya. 

1.  Panaskan oven

Panaskan oven hingga 176 derajat celcius

2. Campurkan bahan kering

Campurkan bahan kering, tepung serbaguna, tepung terigu utuh, baking powder, dan garam, dalam mangkuk besar lalu aduk dengan sendok kayu hingga tercampur rata.

3. Campur bahan cair

Tuang bahan cair, susu, madu, dan minyak sayur ke dalam mangkuk kecil lalu aduk rata dengan pengocok.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm