1448 Lansia Dari 6 Agama Diberi Apresiasi, Kado Terindah Kakanwil Kemenag Babel Sebelum Memasuki Masa Purna Bakti
1448 Lansia Dari 6 Agama Diberi Apresiasi, Kado Terindah Kakanwil Kemenag Babel Sebelum Memasuki Masa Purna Bakti ( Kemenag Babel)

1448 Lansia Dari 6 Agama Diberi Apresiasi, Kado Terindah Kakanwil Kemenag Babel Sebelum Memasuki Masa Purna Bakti

18 Oktober 2023 19:42 WIB

SONORABANGKA.ID - Bekerjasama dengan Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Bagian Kesra Setdako, Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar perhelatan akbar, Haflah Khotmil Qur'an dan Apresiasi Majelis Ilmu Bagi Setiap Agama Dalam Peningkatan Kualitas Beragama, di Gedung Serba Guna Asrama Haji Babel, Rabu, 18 Oktober 2023.

Dalam kegiatan yang merupakan bukti nyata keseriusan Kanwil Kemenag Babel dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di bidang agama dan keagamaan, sekaligus pengejawantahan salah satu dari 7 program prioritas Kementerian Agama Pusat dibawah komando Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, yakni penguatan moderasi beragama tersebut, sebanyak 1448 lansia dari 6 agama diberi apresiasi atas keseriusan dan semangat mereka yang tinggi untuk mempelajari ilmu agama yang dianutnya dibawah bimbingan Tim Kelompok Kerja Terpadu (Pokjadu) binaan Bagian Kesra Setdako Pangkalpinang.

Dalam sambutannya, Kakanwil Kemenag Babel, H. Tumiran Ganefo mengatakan bahwa dirinya merasa bangga, bahwa para pemuka setiap agama di Provinsi Bangka Belitung bersama para penganut agamanya dapat berkumpul dalam satu majelis, artinya kerukunan beragama di wilayah propinsi kepulauan Bangka Belitung ini, bukan hanya sekedar slogan dan sebatas wacana saja, tetapi sudah tercipta melalui aksi nyata dalam kegiatan bersama pada hari ini.

"Acara kita pada hari, merupakan wujud dari toleransi antar umat beragama, sebagaimana kita ketahui bahwa toleransi antar umat beragama merupakan hal yang sangat penting untuk dimiliki setiap orang saat ini. Jika setiap orang memiliki sikap toleransi yang tinggi, maka ini akan meminimalisir terjadinya konflik antar umat beragama dan kehidupan antar umat beragama pun akan terjalin dengan tentram dan damai. Maka dari itu, sangatlah penting untuk menerapkan sikap toleransi antar umat beragama," tuturnya.

Ditambahkannya, Saat ini, kondisi keberagaman di propinsi kepulauan Bangka belitung relatif aman dan tentram, hal ini karena budaya masyarakat kita masih kental dengan nilai keagamaan atau cenderung relegius, tetapi kita harus tetap waspada, karena setiap perbedaan berpotensi menimbulkan perpecahan dan permusuhan, untuk itu agar keharmonisan tetap terjaga, maka perlu adanya forum silaturrahmi antar pemeluk agama seperti yang terselenggara saat ini.

"Selanjutnya, saya sangat mengapresiasi pada semua peserta yang mengikuti Haflah Khotmil quran dan apresiasi majlis ilmu bagi setiap agama tahun 2023. Sebelumnya tentu melalui proses bimbingan, kemudian munaqoshah, selanjutnya bagi yang dinyatakan lulus bisa mengikuti Haflah ini, acara ini tentu adalah sebagai penghargaan atas semangatnya tanpa lelah berusaha menuntut ilmu," imbuhnya.

Terakhir, beliau pun berharap acara ini berjalan dengan lancar dan memberi kesan yang istimewa kepada semua hadirin, khususnya para peserta yang diberikan penghargaan atas jerih payahnya selama mengikuti bimbingan.

"Mudah-mudahan acara seperti ini dapat terus diselenggarakan walaupun saya nanti sudah tidak menjabat sebagai kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bangka Belitung lagi. Dan ini juga merupakan kado terindah bagi saya sebelum memasuki masa purna bakti ini." pungkasnya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm