Ilustrasi siklus haid, menstruasi tidak teratur
Ilustrasi siklus haid, menstruasi tidak teratur ( SHUTTERSTOCK/StoryTime Studio)

5 Makanan yang Bisa Memperlancar Siklus Menstruasi Jika Tak Teratur

21 Oktober 2023 09:11 WIB

SonoraBangka.id - Tidak lancaranya siklus menstruasi menjadi salah satu masalah kesehatan seksual dan reproduksi perempuan yang banyak dialami kaum hawa.

Tidak teraturnya jadwal haid ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti stres, perubahan hormon, dan kurangnya aktivitas fisik.

Melihat dari pemicunya, maka salah satu cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Bahkan, sebagian perempuan pun melakukan perawatan medis dan pengobatan untuk mengatasinya, sebagai upaya menjaga kesehatan seksual dan reproduksi perempuan.

Selain itu, ada juga di antara mereka yang memilih untuk melakukan diet dan menjalani gaya hidup sehat, dengan mengonsumsi makanan bernutrisi serta berolahraga secara rutin.

Pasalnya, haid yang teratur dapat mengindikasikan kondisi kesehatan reproduksi, sekaligus mampu menjaga keseimbangan tingkat kesuburan dan juga hormon.

Selain mengubah gaya hidup sehat, terdapat sejumlah makanan yang dapat membantu melancarkan haid sebagai upaya menjaga kesehatan organ kewanitaan.

Berikut ini sederet makanan pelancar menstruasi, seperti dilansir dari laman NDTV Food, Minggu (19/9/2021).

1. Kacang

Bagi Kawan Puan yang tengah mengalami masalah kesehatan seksual dan reproduksi perempuan berupa haid yang tidak lancar, bisa menjadikan kacang-kacangan sebagai camilan.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm