H100, salah satu produk GPU tensor core dari Nvidia yang banyak dipakai di pusat pengolahan AI
H100, salah satu produk GPU tensor core dari Nvidia yang banyak dipakai di pusat pengolahan AI ( Nvidia)

AS Perketat Larangan Penjualan Chip AI Nvidia ke China

21 Oktober 2023 10:14 WIB

SonoraBangka.ID - Pemerintah Amerika Serikat melarang ekspor produk-produk chip AI ke China dan sejumlah negara lain karena ditengarai bisa dipakai untuk membuat super komputer berkinerja tinggi.

Pekan ini, negara adidaya tersebut memperketat larangan ekspor untuk menutup celah di pembatasan sebelumnya yang dikeluarkan pada Oktober tahun lalu.

Baca juga: Manuver Baru AS soal Ekspor Chip, Jegal Kemajuan Militer China

Ketika itu, AS melarang penjualan chip ke China berdasarkan kritera kemampuan komunikasinya dengan chip lain yang merupakan aspek penting dalam pengolahan AI di super komputer.

Pabrikan AS pun masih bisa mengakalinya dengan cara memangkas kemampuan komunikasi chip seperti seri A800 dan H800 dari Nvidia, serta Gaudi 2 dari Intel, agar tetap boleh dijual ke China.

Celah tersebut kini sudah ditutup lewat larangan baru yang kriterianya bukan lagi fokus ke kemampuan komunikasi chip, melainkan kinerja komputasi berdasarkan ukuran fisiknya.

Para pabrikan chip AS pun kena imbasnya. Nvidia diprediksi tak bisa lagi menjual seri prosesor A800 dan H800 ke China. Kriteria pembatasan dari kinerja berdasar ukuran fisik juga bisa mencegah penjualan chip Instinct MI300 dari AMD yang menggunakan konstruksi chiplet.

Demi menjegal AI China

Menteri Perdagangan AS Gina Raimondo mengatakan larangan baru AS tidak dimaksudkan untuk merugikan China secara ekonomi.

Tujuannya, menurut Raimondo, adalah sekadar mencegah agar China tidak memiliki komputer canggih yang bisa menghasilkan terobosan di bidang kecerdasan buatan (AI) dan dapat diterapkan untuk keperluan militer.

"Kontrol ekspor ini untuk melindungi teknologi yang punya implikasi terhadap keamanan nasional atau hak asasi manusia," ujar Raimondo dalam conference call dengan sejumlah jurnalis, sebagaimana diwartakan Associated Press.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm