Ilustrasi rujak buah serut bumbu cabai, gula, garam, dan asam.
Ilustrasi rujak buah serut bumbu cabai, gula, garam, dan asam. ( SHUTTERSTOCK/LUCKY PEOPLE)

Sajikan Dingin untuk Cuaca Panas, Berikut Cara Membuat Rujak Serut

21 Oktober 2023 17:45 WIB

SonoraBangka.id - Rujak serut terbuat dari buah-buahan biasanya nanas, mentimun, ubi jalar, dan jeruk bali. Rujak serut ini dibuat dengan bahan paprika merah, cabai rawit, cuka apel, brown sugar, garam, dan air.

Rujak serut dibuat dengan bahan yang sedang musim seperti nanas, apel, pir, stroberi, kiwi, mangga, pepaya, dan ubi merah. Simak resep rujak serut untuk cuaca panas, dikutip dari buku "Resep Masakan Indonesia di 5 Benua" (2019) karya Aslida Rahardjo terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Resep rujak serut 

Bahan:

Bermacam buah yang sedang musim: nanas, apel, pir, stroberi, kiwi, mangga, pepaya, ubi merah, total bersih buah 1,5 kg 

2 buah paprika merah dan cabai lokal yang pedas

8 sdm cuka apel (apple vinegar)

750 gram brown sugar

2 sdm garam

1 liter air 

Cara membuat rujak serut:

1. Paprika dan cabai diblender sampai halus, kemudian dicampur dengan bumbu lainnya dan dimasak sampai mendidih selama 40 menit, lalu dinginkan.

2. Semua buah diserut, kecuali stroberi dan nanas yang dipotong kecil-kecil.

3. Setelah bumbu matang kemudian didinginkan. Setelah bumbu dingin dan masukkan semua buah, lalu disimpan dalam kulkas selama semalam sebelum dihidangkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Rujak Serut, Sajikan Dingin untuk Cuaca Panas", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/20/210300375/resep-rujak-serut-sajikan-dingin-untuk-cuaca-panas.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm